Kronologi Konflik HYBE dan ADOR, Min Hee Jin Klaim ILLIT Tiru NewJeans

| 23 Apr 2024 21:53
Kronologi Konflik HYBE dan ADOR, Min Hee Jin Klaim ILLIT Tiru NewJeans
NewJeans dan ILLIT (Instagram)

ERA.id - Agensi hiburan Korea Selatan, HYBE dan CEO ADOR, Min Hee Jin belakangan terlibat konflik hingga saling tuduh lewat pernyataan resmi masing-masing. Konflik ini muncul setelah Min Hee Jin diduga ingin melepaskan ADOR dari HYBE dan menjadi label independen.

ADOR merupakan perusahaan yang didirikan oleh Min Hee Jin dan menaungi NewJeans, yang bekerja sama dengan HYBE sejak 2021. HYBE memegang 80 persen saham ADOR, sedangkan 20 persen saham sisanya dipegang oleh Min Hee Jin dan manajemen.

Perselisihan antara ADOR dan HYBE mencuat usai media mengabarkan bahwa HYBE memulai audit terhadap ADOR. Audit ini dilakukan setelah Min Hee Jin disebut berusaha melepaskan ADOR dari HYBE.

Kabar tersebut pun mendapat tanggapan dari HYBE. Mereka menegaskan bahwa memang benar tengah melakukan audit terhadap ADOR.

"Memang benar bahwa audit telah dimulai," pernyataan HYBE, dilansir dari Soompi, Senin (22/4/2024).

Min Hee Jin kemudian merilis pernyataan resmi lewat manajemen ADOR. Ia menyampaikan keberatannya akan ILLIT, girl group yang baru debut di bawah label HYBE lainnya, yakni BELIFT LAB.

ILLIT disebut telah menjiplak konsep NewJeans saat debut, sehingga menyebabkan kerugian terhadap NewJeans dan ADOR. Beberapa aspek ILLIT yang disebut menjiplak NewJeans adalah koreografi, tata rambut, tata rias, pakaian, hingga materi foto dan video.

"ILLIT meniru NewJeans dalam semua aspek aktivitas hiburan. ILLIT dinilai sebagai 'gaya Min Hee Jin', 'tipe Min Hee Jin', dan 'tiruan NewJeans'. Ini adalah situasi yang sangat memalukan," pernyataan ADOR.

Dugaan ILLIT meniru NewJeans ini juga diklaim melibatkan HYBE. Pasalnya, pemimpin HYBE, yakni Bang Si Hyuk ikut menjadi produser dalam album debut ILLIT yang berjudul Super Real Me.

Atas semua kejadian ini, ADOR dan NewJeans merasa dirugikan lantaran terseret dalam rangkaian promosi ILLIT. Namun, ADOR sendiri tidak terafiliasi sama sekali dengan BELIFT LAB meski berada di bawah induk yang sama yakni HYBE.

Min Hee Jin juga mengaku sudah melontarkan protes kepada HYBE dan BELIFT LAB, tetapi tidak kunjung mendapatkan respons. Mengenai audit yang dilakukan terhadap ADOR dan Min Hee Jin diklaim merupakan langkah HYBE untuk membungkam keluhan tersebut.

"Tampaknya HYBE dan BELIFT LAB bersama ketua Bang Si Hyuk berpikir bahwa mengeluarkan CEO Min Hee Jin dari perusahaan akan mengakhiri masalah," tambah ADOR.

Lebih lanjut, ADOR menegaskan akan terus berusaha untuk mengatasi masalah yang terjadi ini. Mereka akan melindungi NewJeans dari potensi plagiasi.

"Namun, ADOR akan menempuh segala cara dan metode untuk melindungi capaian NewJeans serta mencegah pelanggaran lebih lanjut dari plagiarisme," pungkas ADOR.

Rekomendasi