Ini Alasan untuk Memilih Jurusan Desain di Perguruan Tinggi

| 01 May 2024 15:30
Ini Alasan untuk Memilih Jurusan Desain di Perguruan Tinggi
Ilustrasi jurusan desain di perguruan tinggi (Freepik/Andrea Piacquadio)

ERA.id -  Selain menggambar, di perguruan tinggi dengan mengambil jurusan kuliah seperti desain dapat membuat pelajar untuk belajar tentang bagaimana cara membuat media yang tepat untuk menyampaikan sebuah pesan secara efektif.

Mengambil jurusan desain sangat cocok bagi kamu yang selalu punya ide kreatif dan hobi menggambar. Saat ini, era digital membuat desain makin mudah diakses oleh masyarakat. 

Dr. Nelly, S.Kom., M.M., CSCA, Rektor Binus University membeberkan alasan, calon mahasiswa/i harus memilih jurusan desain. 

"Kita memanfaatkan dan menciptakan salah satunya desain yang difokuskan ke dunia periklanan film. Tapi kita harus menemukan solutif konsumen yang berkembang pesat dan dinamis. Untuk memanfaatkan teknologi, bisa menggunakan berbagai platform, seni, tradisonal," ujar Nelly, saat ditemui di Jl. Jenderal Sudirman, Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat pada Selasa (30/4/2024). 

"Nantinya akan terbiasa dengan aktivitas dan teknologi. Program berkelanjutan kita tidak ketinggalan dengan memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi," lanjutnya. 

Jurusan desain untuk kuliah
Pemaparan Binus University jurusan Desain (ERA.id / Adelia Hutasoit)

Misalnya saja di Binus University terdapat program Magister Desain yang mengintegrasikan keilmuan desainpreneur dengan fokus pada pengelolaan proyek desain yang menggali fenomena budaya lokal dengan komitmen sustainability development goals melalui teknologi. 

"Program ini menunjukkan ikut andil dengan aktif serta menghadirkan master of design. Ini menawarkan pengalaman agar mendapatkan pembelajaran menciptakan mahasiswa/i yang unggul. Tentu dengan memadukan teori keterampilan setiap lulusan siap memberikan kontribusi, " imbuhnya. 

"Membina dan memberdayakan masyarakat. Lulusan master design diharapkan punya karya, berdampak bagi masyarakat dan kemajuan Indonesia. Bagaimana peran Indonesia, bukan produk estetik, tetapi bagaimana mengatasi masalah reel serta bagaimana menimbulkan wirausaha dengan kompetensi diperoleh, " lanjutnya. 

Program ini bertujuan membentuk individu agar jadi pemimpin dan inovator di dunia desain yang terus berkembang.

Dengan pendekatan holistik yang menghasilkan karya atau kajian yang dapat dipertanggungjawabkan secara akademik dan industri melalui publikasi pameran maupun publika tertulis. 

"Mahasiswa diharapkan bisa mengembangkan desain yang ramah lingkungan. Kita support program pemerintah dan global. Jadi, salah satunya ditetapkan keterampilan kolaborasi master desain," ucapnya. 

"Diharapkan bisa menjadi kolaborasi yang tentunya menciptakan solusi terbaik bagi masyarakat." tutup dia. 

Rekomendasi