Fungsi Akreditasi Perguruan Tinggi yang Harus Diketahui, Simak di Sini

| 16 Aug 2023 22:05
Fungsi Akreditasi Perguruan Tinggi yang Harus Diketahui, Simak di Sini
Kampus Universitas Gadjah Mada (Foto: Antara)

ERA.id - Bagi Anda yang tahun ini menjadi tahun terakhir di SMA dan akan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, tentunya harus mengetahui akreditasi perguruan tinggi yang Anda tuju. Lantas apa fungsi akreditasi perguruan tinggi? Simak penjelasannya di bawah ini.

Akreditasi berhubungan erat dengan kualitas kampus, dengan demikian Anda harus memastikan bahwa Anda memilih universitas yang bermutu.

Apa Itu Akreditasi Kampus?

Akreditasi berarti pengakuan kelayakan atau kualitas terhadap suatu lembaga pendidikan, contohnya sekolah atau universitas yang akreditasinya ditentukan oleh badan yang memiliki kewenangan.

Selanjutnya, peringkat akreditasi disematkan jika lembaga pendidikan terkait sudah memenuhi syarat kriteria tertentu yang telah ditentukan oleh BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi).

Lembaga ini merupakan badan yang berwenang untuk menentukan kualitas dan kelayakan Perguruan Tinggi Negeri ataupun Swasta di seluruh Indonesia.

Ilustrasi (DOK Universitas Bina Darma)

Akreditasi ini bertujuan untuk menjamin kualitas perguruan tinggi secara eksternal berdasarkan kriteria yang mengikuti Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Penentuan akreditasi juga menjadi sebuah upaya untuk melindungi kepentingan mahasiswa serta masyarakat yang berhubungan dengan perguruan tinggi.

Dalam menilai kualifikasi perguruan tinggi yang disebut IAPS 4.0 dan IAPT 3.0, saat ini BAN-PT menerapkan instrumen terbaru. Hasil penilaian akreditasi dengan instrumen tersebut tidak lagi menggunakan nilai “A”, “B”, atau “C” seperti dulu, tetapi menjadi “Baik”, “Sangat Baik”, “Unggul”, dan “Tidak Terakreditasi”.

Fungsi Akreditas Perguruan Tinggi

Bagi perguruan tinggi, akreditasi merupakan sebuah modal untuk menarik minat calon mahasiswa agar berkenan memilih dan menempuh pendidikan pada institusinya. Buktinya akreditasi masih ditetapkan sebagai salah satu poin pertimbangan calon mahasiswa termasuk orang tua siswa dalam menentukan kampus tujuan dalam SNMPTN.

Oleh sebab itu, tidak heran jika website-website yang digunakan untuk mencari informasi akreditasi kampus terbaru banyak dikunjungi, terlebih pada musim-musim menjelang ujian masuk universitas negeri.

Salah satunya yaitu Akreditasi.org yang menjadi situs informasi ter-update terkait dunia kampus, termasuk status akreditasi PTN dan PTS terbaru.

Selain bermanfaat untuk menjaring calon mahasiswa baru, status akreditasi yang bagus akan menciptakan peluang terjalinnya kemitraan baik dengan institusi lokal ataupun mancanegara.

Dengan akreditasi, lembaga juga akan mendapatkan motivasi tambahan untuk lebih meningkatkan mutu pendidikannya agar mendapatkan mahasiswa yang berkualitas. Lulusan yang berkualitas tentunya juga berpengaruh pada penilaian perguruan tinggi tersebut.

Manfaat Akreditasi Kampus bagi Mahasiswa

Selain bermanfaat untuk perguruan tinggi, status akreditasi yang baik juga memberikan manfaat tersendiri untuk para lulusannya. Ini yang menjadi alasan Anda semua untuk memeriksa akreditasi kampus incaran sebelum mengikuti ujian masuknya:

Meningkatkan daya saing para alumni

Kampus yang memiliki kualitas, tentunya akan mencetak lulusan yang berkualitas juga, dan hal ini merupakan sumber daya yang berpotensi menjadi bidikan perusahaan-perusahaan besar.

Dengan kata lain, para alumni perguruan tinggi tersebut memiliki daya saing yang cukup tinggi sebagai bekal bersaing dengan calon pekerja yang lain.

Menimba ilmu di lingkungan pendidikan yang layak

Untuk memahami kualitas suatu perguruan tinggi, Anda dapat melihat akreditasinya. Jika kampus tujuan Anda memiliki nilai akreditasi “unggul”, artinya sistem pendidikannya sangat berkualitas dan sesuai standar nasional.

Dengan demikian, calon mahasiswa berkesempatan untuk menempuh studi di lingkungan pendidikan yang sangat kondusif. Kualitas tersebut meliputi misalnya dosen-dosen pengajar dengan kualifikasi tinggi, sarana belajar yang lengkap, dan lainnya.

Selain itu, perguruan tinggi dapat mencetak lulusan dengan kompetensi unggul yang siap berkarya di dunia kerja yang kompetitif dan penuh tantangan.

Mahasiswa terbiasa dengan standar pendidikan yang tinggi

Perguruan tinggi yang memiliki akreditasi yang bagus tentu memiliki kultur belajar berstandar tinggi. Dengan kata lain, mahasiswa akan ditempa secara efektif untuk menekuni bidang keilmuan sesuai dengan jurusan pilihannya.

Tentunya, seseorang yang bersangkutan secara sadar atau tidak juga harus berusaha semaksimal mungkin agar dapat bersaing dalam lingkungan tersebut. Sehingga mahasiswa akan menjadi lulusan dengan kompetensi tinggi karena menyimpan pemahaman mendalam terkait keilmuannya.

Akreditasi PT menjadi salah satu syarat melamar kerja

Beberapa perusahaan swasta besar dan BUMN pastinya menjadikan akreditasi kampus sebagai salah satu syarat lowongan kerja suatu posisi. Artinya sebagian penyedia lapangan pekerjaan lebih memperhitungkan untuk mempekerjakan alumni dari kampus yang berkualitas. Hal ini dilakukan dengan harapan, perusahaan atau BUMN tersebut tidak perlu menjalnai training yang terlalu mendalam, mengingat para calon karyawannya adalah SDM yang kompeten.

Demikianlah ulasan tentang fungsi akreditasi perguruan tinggi, semoga membantu dan bermanfaat bagi Anda yang sedang memilih kampus favorit.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi