Dituding Plagiat NewJeans, Agensi ILLIT Resmi Gugat Min Hee Jin

| 22 May 2024 16:20
Dituding Plagiat NewJeans, Agensi ILLIT Resmi Gugat Min Hee Jin
Girl group ILLIT (Instagram/illit_official)

ERA.id - Agensi ILLIT, BELIFT LAB secara resmi mengajukan gugatan terhadap CEO ADOR, Min Hee Jin.

Gugatan ini diajukan untuk menindaklanjuti tudingan Min Hee Jin terhadap ILLIT yang disebut plagiat atau meniru NewJeans.

Dalam gugatan tersebut ditegaskan, ILLIT sama sekali tidak pernah plagiat girl group besutan ADOR tersebut. BELIFT LAB juga menyayangkan tudingan Min Hee Jin tersebut yang tanpa bukti.

Pada gugatannya, BELIFT LAB menyatakan sudah menyerahkan bukti pendukung bantahan plagiat kepada hakim. Bukti-bukti tersebut kini sedang diselidiki dan hasil nantinya akan disampaikan ke publik.

“Kami dengan jelas menyatakan bahwa tuduhan plagiarisme yang diajukan Min Hee Jin terhadap artis kami ILLIT tidak benar,” pernyataan BELIFT LAB, dilansir dari Soompi, Rabu (21/5/2024). 

“Kami telah menyerahkan bukti kepada otoritas hakim yang dapat membuktikan tuduhan itu tidak benar, dan meskipun hal ini memerlukan waktu, kami akan mengklarifikasi kebenaran melalui prosedur hukum yang tepat,” tambahnya. 

Agensi juga menyebutkan bahwa permasalahan tudingan plagiat ini berdampak bagi para member ILLIT. Mereka menuai komentar jahat dan serangan secara pribadi.

Dengan itu, agensi meminta dengan tegas agar semua komentar jahat dan negatif terhadap ILLIT dihentikan. Hal ini harus dilakukan karena artis sama sekali tidak terlibat atas permasalahan tersebut.

“Meskipun masalah ini tidak ada hubungannya dengan ILLIT, para anggota ILLIT menerima banyak komentar jahat, ejekan, dan serangan pribadi. Kami akan melakukan yang terbaik untuk melindungi artis dan anggota kami,” tuturnya.

Sementara itu, permasalahan ini bermula dari label induk ADOR dan BELIFT LAB, HYBE yang melakukan audit terhadap ADOR dan Min Hee Jin. Audit ini dilakukan karena ADOR dan Min Hee Jin terdeteksi akan melepaskan diri dari label.

HYBE kemudian mendesak penunjukkan direktur baru ADOR dari HYBE, dan mendesak Min Hee Jin mundur dari jabatannya sebagai CEO. Min Hee Jin pun membalas hal tersebut dengan mengungkap keluh kesahnya, yakni tentang ILLIT girl group baru BELIFT LAB.

Menurut Min Hee Jin konsep yang diusung ILLIT menyerupai NewJeans. Hal ini menyebabkan kerugian terhadap ADOR dan juga NewJeans.

Rekomendasi