Mengasah Kreativitas Konten di Media Sosial yang Menarik

| 28 May 2024 19:20
Mengasah Kreativitas Konten di Media Sosial yang Menarik
Ilustrasi bikin konten di media sosial (Unsplash)

ERA.id - Membuat konten kreatif khususnya di media sosial memiliki tantangan tersendiri. Konten kreatif itu pun tak hanya bertujuan dalam memproduksi konten memikat tapi juga membangun audiens yang loyal.

Pasalnya, media sosial saat ini seolah menjadi "panggung" kreativitas. Mulai dari foto-foto yang menginspirasi sampai video yang menghibur, konten-konten kreatif itulah yang mampu menangkap perhatian dan membangun komunitas yang kuat. 

Lantas, bagaimana cara membuat konten yang benar-benar menarik di media sosial? 

Flori Amalia, selaku Business Director agensi kreatif Naisu mengatakan, sebuah konten kreatif itu sebaiknya harus memiliki pendekatan yang aktif dengan penikmatnya alias audiens. 

"Membuat konten kreatif bisa dilakukan dengan beragam pendekatan tapi satu hal yang harus diperhatikan yaitu keterkaitan dengan audiens," jelas Flori dalam keterangannya.

Terlebih jika imej media sosial yang dibangun itu menyasar pada generasi muda. Pembahasan atau isi konten yang relevan dengan kehidupan audiens dapat menjadi acuan utama. 

"Karena sekreatif apa pun konten akan menjadi sia-sia ketika tidak tepat guna menyasar target audiens yang telah ditentukan," tambah dia. 

Sebelum memahami konten yang ingin dibuat, ada baiknya jika kita melakukan riset terlebih dahulu tentang target audiens yang ingin disasar. 

Kuncinya adalah pahami apa yang disukai dan diminati. Dengan pemahaman yang kuat dengan audiens, maka kita dapat menciptakan suatu konten yang dibutuhkan audiens. 

Kemudian Flori menambahkan, konten yang dibuat pun bisa dalam berbagai format yang beragam. Mulai dari teks, gambar hingga video. 

Kekuatan visual ini pun dapat menjadi kunci untuk menyampaikan pesan yang ingin dituju ke audiens.  Selain itu jangan lupa pula untuk melibatkan audiens di media sosial. Lanjut Flori, interaksi adalah kuncinya. 

Cara ini tak hanya dapat meningkatkan keterlibatan, tetapi juga membangun hubungan yang kuat oleh followers di media sosial. 

"Interaksi atau keterkaitan juga merupakan kunci agar audiens merasakan keterikatan terhadap sebuah brand," tuturnya. 

Seperti halnya Naisu yang digawangi Flori, agensi kreatifnya pun turut memakai pakem-pakem tersebut untuk berbagai klien agar setiap konten yang diproduksi tepat sesuai sasaran. 

Tak heran, baru-baru ini, agensi kreatif yang berbasis di Jakarta itu mengantongi penghargaan bergengsi di TikTok Ad Awards Indonesia 2024 untuk kategori Creative Marketing Partner of the Year. 

"Melalui ide-ide kreatif, strategi inovatif yang berbasis data sampai pada proses eksekusi yang maksimal, kemudian kami juga mengevaluasi berdasarkan kemampuan untuk menciptakan dampak kreatif, sehingga menghasilkan contoh konten kreatif dan menunjukkan keberhasilan video-video tersebut melalui key performance index," pungkas Flori.

Tags :
Rekomendasi