ERA.id - Di kehidupan modern ini, pekerjaan rumah tangga menjadi semakin penting namun tampaknya sulit untuk menemukan asisten rumah tangga (ART) yang berkualitas dan berpengalaman.
Tak heran jika banyak keluarga yang memiliki cerita dan pengalaman mereka sendiri saat menemukan pekerja rumah tangga yang ideal.
Belum lagi soal minimnya kandidat yang biasanya hanya mengandalkan referensi dari orang terdekat. Hal itu tentu saja membuat proses seleksi kandidat menjadi lebih sulit karena banyak pertimbangan hingga tantangan yang dihadapi.
Meski pun ada saja kesulitan dalam menemukan pekerja rumah tangga yang ideal, ada pula solusi yang dapat membantu keluarga dalam mencari ART berkualitas.
Salah satunya dengan memanfaatkan jasa agen penyalur tenaga kerja yang bertanggung jawab.
Melihat hal tersebut, Valentina Maya Sari, founder Val The Consultan mengatakan, penting untuk memastikan mencari penyalur tenaga kerja rumah tangga yang memiliki lisensi yang valid serta mematuhi peraturan dan standar yang berlaku.
Tak cukup sampai di situ, beberapa inovasi dan evaluasi bagi penyelenggara juga perlu dilakukan agar pekerja dan customer tetap berada di koridor masing-masing.
"Dengan mengevaluasi berbagai aspek operasional dan strategi, perusahaan dapat memastikan mereka tetap kompetitif, efisien, dan siap menghadapi tantangan pasa. Evaluasi dan inovasi ini penting karena membuat perusahaan semakin terdepan serta memberikan yang terbaik," katanya.
Dijelaskan Valentina, beberapa improvement dari Val The Consultant meliputi beberapa hal, seperti back up support care untuk majikan.
Seperti digagasnya program SMS (solusi, mediasi & Support) dalam menyelesaikan masalah jika terjadi ada sesuatu yang tidak diinginkan dialami.
"Semakin cepat dan efektif ditangani, semakin persoalanmu cepat selesai," tambahnya.
Lanjut Valentina, adanya program edukasi bagi pengguna jasa atau majikan sebelum bekerja juga perlu diutamakan agar kedua pihak merasa nyaman.
“Banyak majikan kesulitan memahami perjanjian kerja, jadi nanti kita harap ini dapat membantu mereka mengetahui hak dan kewajiban lebih jelas serta antisipasi menangani konflik maupun kasus tertentu seperti, kabur, pencurian, kekerasan anak, dan yang lainnya,” ujar Supreme Halim selaku Kepala Divisi Sumber Daya Manusia.
Lebih lanjut, Supreme Halim juga menambahkan, pentingnya kesediaan layanan psikotest juga perlu dipertimbangkan, tujuannya adalah memastikan calon pekerja rumah tangga memiliki kemampuan yang cukup dan kepribadian yang sesuai dengan tugas-tugasnya.
Tak kalah penting sebelum memilih penyalur tenaga kerja rumah tangga lainnya adalah penyalur yang menyediakan masa orientasi untuk calon pekerja.
"Masa orientasi ini bertujuan agar pekerja memiliki kesiapan untuk menghadapi majikan, lingkungan dan pekerjaannya, perusahaan memberikan masa orientasi intensif baik dari segi keterampilan, komunikasi dan etika, pemahaman UU perlindungan anak, hukum dan regulasi," tambah dia.
Di samping itu, perusahaan yang memperpanjang member keanggotan sertifikasi bertaraf internasional seperti INA (International Nanny Association) juga penting demi memastikan kenyamanan bersama.
INA juga termasuk sebagai industri yang diakui secara nasional di area In Home Child Care.