Berhasil Cetak Sejarah, Ini Sosok Harashta Haifa Zahra Juara Miss Supranational 2024

| 08 Jul 2024 17:50
Berhasil Cetak Sejarah, Ini Sosok Harashta Haifa Zahra Juara Miss Supranational 2024
Harashta Haifa Zahra (Instagram / @officialputeriindonesia)

ERA.id - Harashta Haifa Zahra berhasil mencetak sejarah menjadi Putri Indonesia pertama yang memenangkan gelar Miss Superanational 2024 yang digelar di Strezelcki Park Amphitheater, Nowy Sacs, Malopolska, Polandia pada Sabtu (6/7/2024)

Saat di babak dua besar, Harashta berhadapan dengan Miss Amerika Serikat Jenna Dykstra. Lalu tangis Harashta pecah saat namanya disebut sebagai pemenang dalam ajang kontes kecantikan tersebut. Perempuan kerap disapa Tata ini menonjolkan sejumlah kemenangan dari beberapa kategori yang dinobatkan. 

Berhasil mengharumkan nama bangsa Indonesia, Harashta dinobatkan sebagai finalis paling berbakat. Perempuan asal Kota Bandung ini berhasil mengalahkan finalis lebih dari 71 negara. Hingga akhirnya, Harashta menjadi perwakilan Indonesia pertama yang berhasil raih gelar juara pertama di ajang Miss Supranasional tersebut. Lantas siapa sosok Harashta Haifa Zahra?

Dilansir dari laman jabarprov.go.id, Harashta Haifa Zahra lahir di Desa Toblong, Kecamatan Peundeuy, Garut, Jawa Barat pada 5 September 2003. Harashta anak sulung dari dua bersaudara. Ayahnya adalah Ginanjar berprofesi sebagai wiraswasta di Kota Bandung. Sementara ibunya bernama Yeni Yuliani.

Harashta tumbuh besar di Kota Bandung, Jawa Barat. Ia menyelesaikan pendidikannya di SMA Negeri 2 Kota Bandung dan lulus pada 2020. Lalu, Harashta meraih gelar sarjana di jurusan Teknik Lingkungan dari Institut Teknologi Nasional Bandung (Itenas Bandung) sejak 2020.

Perjalanan kariernya di dunia pageant (kontes), dimulai dari ajang Mojang Jajaka Kota Bandung pada 2022. Kala itu, Harashta terpilih menjadi Wakil II sebagai Mojang kota Bandung 2022. 

Dua tahun kemudian, Harashta mengikuti kompetisi Puteri Indonesia Jawa Barat 2024. Hingga akhirnya, ia terpilih mewakili provinsi Jawa Barat dalam kontes kecantikan tingkat nasional Puteri Indonesia 2024.

Sebagai pemenang, Harashta Haifa Zahra lalu diajukan sebagai perwakilan Indonesia untuk Miss Supranational 2024. Pada malam penganugerahan yang digelar di Polandia pada 6 Juli kemarin. Hingga akhirnya, Harashta menjadi pemenang Miss Supranational 2024.

Selain itu, Harashta Haifa Zahra memiliki kepekaan sosial yang tinggi. Ia menginisiasi gerakan Mother of Nature yang berfokus pada isu pengelolaan sampah. Tak heran jika dirinya akhirnya menempuh pendidikan di jurusan Teknik Lingkungan.

Walau terkesan sederhana, isu pengelolaan sampah nyatanya masih luput dari perhatian masyarakat. Oleh karena itu, ia bekerja sama dengan berbagai pihak untuk mengelola sampah organik, terutama sampah makanan. Gerakan ini juga mengampanyekan untuk mengurangi food waste.

Rekomendasi