Jangan Sampai Dimanipulasi, Begini 3 Tips Menghadapi Orang yang Suka Gaslighting

| 11 Jul 2024 21:15
Jangan Sampai Dimanipulasi, Begini 3 Tips Menghadapi Orang yang Suka Gaslighting
Ilustrasi menghadapi orang yang suka gaslighting (Freepik)

ERA.id - Gaslighting mengacu pada jenis pelecehan emosional tertentu yang mana seseorang dibuat mempertanyakan validitas pengalaman, perasaan dan keyakinan.

Gaslighting adalah salah satu bentuk manipulasi psikologis yang dapat menimbulkan keresahan dan kecemasan pada korbannya.

Orang-orang toxic ini menggunakan metode tersebut untuk mengerahkan kekuasaannya dalam memanipulasi teman, keluarga, kekasih, dan teman kantor.

Cara menghadapi orang yang suka gaslighting

Jika kebetulan kita bertemu dengan orang yang seperti itu, hati-hati termakan manipulasi liciknya. Berikut cara jitu menanggapi gaslighting, seperti dilansir dari laman Healthline.

1. Belajar mengenali polanya

Langkah pertama untuk mengatasi dampak berbahaya dari gaslighting adalah dengan belajar mengenalinya. Setelah mengalami gaslighting, para ahli menyarankan untuk meluangkan waktu untuk intropeksi diri sendiri secara fisik, mental, dan emosional.

2. Mencari celah kelemahannya

Jika situasinya dirasa tidak aman, disarankan untuk keluar secepat mungkin tanpa terlibat lebih jauh. Namun jika merasa situasi masih terkendali, kamu bisa mencari titik lemah mereka.

Daripada melontarkan tuduhan yang mungkin membuat seseorang bersikap defensif, kamu bisa memulainya dengan mengatakan 'Aku merasa tidak didengarkan saat kamu mengatakan hal seperti itu. Menurut kamu mengapa kamu sulit mempercayai apa yang saya alami dan rasakan?'

Pendekatan ini bisa melemahkan, karena memaksa orang tersebut untuk merefleksikan asumsi dan naluri dari alam bawah sadarnya. Ingat saja, kamu sama sekali tidak berkewajiban untuk mengoreksi atau memperbaiki sikap seseorang.

Bahkan jika kamu tidak ingin berkonfrontasi dengan orang tersebut, kamu mungkin bisa berbagi pengalaman tentang keluh kesah yang kamu alami. Hindari juga berkomunikasi terlalu sering dengan mereka agar energi kita tidak terbuang sia-sia menghadapi orang yang seperti itu.

3. Mencari bantuan atau dukungan

Sangat disarankan untuk menceritakan kepada teman terdekat atau anggota keluarga yang terpercaya. Orang yang kamu kenal dan terpercaya dapat diandalkan untuk mendapatkan dukungan emosional dan validasi.

Ketahuilah kalau perilaku gaslighting dapat menyebabkan tekanan emosional atau gejala lainnya, termasuk:

- Depresi

- Kecemasan

- Tertekan

- Masalah tidur

Namun kamu tidak harus mengatasi kekhawatiran ini sendirian. Direkomendasikan untuk mencari terapis untuk menghilangkan luka atau trauma. Hal ini dapat membantumu memproses dan hidup maju dari pengalaman tersebut.

Rekomendasi