Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Asia Tenggara, Indonesia Nomor Berapa?

| 15 Jul 2024 17:02
Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Asia Tenggara, Indonesia Nomor Berapa?
Negara dengan sistem pendidikan terbaik di asia tenggara adalah (freepik)

ERA.id - Pendidikan menjadi kunci utama untuk meraih kemajuan dan kesuksesan suatu negara di era globalisasi ini. Hal tersebut membuat negara-negara di Asia Tenggara berlomba-lomba meningkatkan kualitas dan sistem pendidikan mereka.

Namun, di antara deretan negara yang giat membangun sistem pendidikan, manakah negara dengan sistem pendidikan terbaik di Asia Tenggara? Ada di peringkat berapa Indonesia? Temukan jawabannya melalui artikel berikut ini.

Mengenal Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Asia Tenggara

Dilansir dari Business Times, berdasarkan survei Pisa, Singapura meraih peringkat teratas dalam penilaian terbaru yang dilakukan pada tahun 2022, dengan melibatkan 690.000 siswa di 81 negara dan ekonomi yang berpartisipasi.

Perlu diketahui, survei Pisa sendiri dilakukan setiap tiga tahun oleh Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD) yang berbasis di Paris untuk menilai kemampuan remaja berusia 15 tahun dalam menghadapi tantangan kehidupan nyata.

Singapura menjadi negara di Asia Tenggara yang berhasil meraih skor tertinggi dalam ketiga bidang survei: matematika, membaca, dan sains.

Upaya Pemerintah Singapura dalam Memajukan Pendidikan (freepik)

Singapura menjadi satu-satunya negara dengan sistem pendidikan terbaik di asia tenggara adalah. Dilansir dari The Higher Education Review, sebagian besar institusi pendidikan di Singapura menawarkan dukungan yang dibutuhkan oleh siswanya.

Dukungan yang diberikan beberapa institusi pendidikan di Singapura diberikan pada siswa internasional agar mereka dapat mencapai keunggulan baik di bidang akademik. Selain itu, dukungan juga diberikan kepada ahli profesional sehingga mereka siap untuk memimpin kehidupan korporat.

Perlu diketahui, beberapa universitas terbaik seperti Singapore Institute of Technology (SIT) dan Nanyang Technological University (NTU) menjadi universitas terkenal di benua Asia yang menawarkan program gelar khusus bagi siswa asing.

Keberagaman pendidikan tinggi mencerminkan status khusus kepada Singapura. Selain itu, strategi yang dilakukan pemerintah juga berfokus pada pengembangan pendidikan di negaranya.

Pemerintah Singapura sudah beberapa dekade berfokus pada peningkatan kualitas untuk mengembangkan sumber daya manusia nasional. Hal tersebut bertujuan guna memenuhi kebutuhan pembangunan sosial-ekonomi negara.

Menariknya pemerintah Singapura, dalam memperkuat sistem pendidikan tidak mengintegrasikan sektor swasta dengan cara yang merusak kualitas pendidikan.

Indonesia Ada di Peringkat 9 Pendidikan Terbaik di Asia

Sementara itu, menurut survei yang dilakukan oleh Yahoo Finance, Indonesia berada di urutan nomor 9 di Asia dengan tingkat pendidikan terbaik di Asia sebagai persentase dari PDB.

Perlu diketahui pengeluaran Pemerintah Indonesia sendiri untuk pendidikan per tahun 2021 adalah 3,05% dari PDB dengan jumlah Universitas dalam Peringkat Dunia QS tahun 2024 sebanyak 26.

Indonesia sendiri adalah rumah bagi beberapa institusi pendidikan tinggi terbaik di Asia. Menurut peringkat QS, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan Institut Teknologi Bandung (ITB) termasuk di antara universitas dengan peringkat tertinggi.

Alasan Yahoo memilih metrik ini adalah bahwa jika sebuah pemerintah mengalokasikan bagian yang lebih besar dari PDB untuk pendidikan, maka sistem pendidikannya akan lebih baik.

Yahoo mendapatkan data langsung dari UNESCO, kemudian memasukkan jumlah universitas berperingkat tinggi berdasarkan Peringkat Universitas Dunia QS 2024. Diketahui, universitas dengan peringkat tinggi memiliki korelasi yang masuk akal dengan kualitas pendidikan negara tersebut.

Selain negara dengan sistem pendidikan terbaik di asia tenggara adalah, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi