Pro dan Kontra Wawancara Anji Bersama Hadi Pranoto

Tim Editor

Anji (Foto: Instagram/@duniamanji)

ERA.id - Musisi Erdian Aji Prihartanto atau lebih dikenal Anji kembali menuai kontroversi dan jadi perbincangan publik. Melalui kanal YouTube Dunia Manji, saat itu Anji mengundang Mikrobiologi, Prof. Hadi Pranoto yang diunggah pada Jumat (31/7/2020).

Konten Anji dan Prof. Hadi soal COVID-19 menjadi banyak diperbincangkan. Berikut sejumlah pro dan kontra yang terjadi dari konten video tersebut.

1. Hadi Pranoto Klaim Temukan Obat COVID-19

Dalam video tersebut, Hadi Pranoto mengklaim dirinya menemukan obat herbal bernama 'Antibodi COVID-19'. Katanya, obat tersebut bisa menyembuhkan dan mencegah terinfeksi COVID-19. Bahkan, cairan 'Antibodi COVID-19' diklaim bisa menyembuhkan ribuan pasien COVID-19 yang didistribusikan di Pulau Jawa, Bali, dan Kalimantan. Ia juga mengatakan telah ada ribuan pasien di Wisma Atlet yang diberikan cairan 'Antibodi COVID-19' dengan masa penyembuhan 2-3 hari.

2. Para Dokter Kecam Aksinya

Para dokter meminta publik supaya tak percaya dengan pernyataan orang yang dipanggil Anji sebagai pakar mikrobiologi dan meneliti obat antibodi soal COVID-19. Pengakuan dari Hadi Pranoto mendapat kecaman dari Pengurus Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI). Salah satunya adalah Dokter Paru yang praktik di Mayapada Hospital Kuningan, Jakarta yaitu dr. Jaka Pradipta, Sp.P.

"Mau mencoba membuat koreksi informasi yang SANGAT SESAT di video wawancara @duniamanji dan Sang Profesor. Tapi, hampir semuanya NGAWUR. Saya mohon sekali untuk @duniamanji menghapus video tersebut. Sudah tidak bisa direvisi, KACAU BERAT.," tulisnya.

3. Dikomentari Publik Figur 

Musisi Fiersa Besari juga mengomentari video tersebut melalui akun Twitter @FiersaBesari. Fiersa mengunggah foto kolase bidik layar YouTube Anji saat wawancara. Disampingnya, terdapat foto Hadi Pranoto dengan keterangan sebagai 'Keluarga Penggelar Acara Hajatan di Bogor Meminta Maaf'. 

Selain itu, sutradara Joko Anwar mengomentari video tersebut. Ia menyindir pernyataan Hadi Pranoto yang mengklaim memerlukan suhu panas di atas 350 derajat celcius untuk memberantas COVID-19.

4. YouTube Hapus Video 

Video berjudul "Bisa Kembali Normal? Obat Covid-19 Sudah Ditemukan!!." di akun dunia MANJI sudah tidak bisa diakses semenjak (2/8/2020) malam.

Tag: anji drive covid-19

Bagikan: