Cara Polisi Membedakan Plat Asli dan Palsu Sebelum Menilang

| 26 Aug 2020 14:43
Cara Polisi Membedakan Plat Asli dan Palsu Sebelum Menilang
Plat asli (Pinkz Shop)

ERA.id - Mayoritas orang-orang di Indonesia pasti takut dengan tilang jika mereka mengendarai motor atau mobil. Namun, ada yang tidak takut, yakni mereka yang memalsukan plat kendaraannya.

Walau memalsukan plat kendaraan, banyak juga pengendara yang percaya diri di jalanan. Lihat saja di jalanan, pasti kamu sering menemukan plat palsu di jalanan dengan motif-motif yang tidak normal.

Plat palsu seperti motif-motif aneh itu gampang dideteksi, kok. Nah, kalau plat yang hampir mirip dengan plat asli dari Samsat, bagaimana polisi dengan jeli melihat dan membedakan plat itu asli atau palsu?

Ternyata, caranya sederhana. Kalau plat asli dari Samsat, ada garis putih di sekitar plat nomer dan tulisan serta polanya jelas. Maksudnya, jarak spasi antara tiap huruf, tidak terlalu dekat dan jauh. Sepadan dan enak dipandang.

Sementara plat palsu yang dibuat dari besi atau seng non Samsat, biasanya tidak secerah plat dari Samsat, hurufnya juga kadang terlalu dekat atau jauh, ada juga yang membuat platnya secara asal asalan dan hurufnya jelek. Selain itu, plat palsu biasanya antara huruf yang timbul dan cetak putihnya kadang tidak sinkron.

Walau Samsat sudah bekerja keras mencetak plat asli yang otentik, bukan tidak mungkin kan, ada juga pedagang yang mencetak plat yang berusaha keras mencari celah dan mengikuti persisnya plat keluaran dari Samsat?

Plat palsu
Tags : tilang yang unik
Rekomendasi