Cara Membedakan Air Zam-Zam Asli dan Palsu, Salah Satunya dari Rasa

| 04 Jul 2023 13:03
Cara Membedakan Air Zam-Zam Asli dan Palsu, Salah Satunya dari Rasa
Sumur air zamzam (Mohammad Bahareth via Wikimedia Commons)

ERA.id - Bagi Anda yang berangkat umrah atau haji, tentunya ingin membawa pulang air zamzam ke tanah air untuk dibagikan kepada keluarga atau kerabat. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui perbedaan air zam-zam asli dan palsu, sebab ternyata masih banyak yang belum memahami hal ini. Lantas bagaimana cara membedakan air zamzam asli dan palsu?

Air zam-zam sudah menjadi jenis oleh-oleh terfavorit yang dibawa saat pulang dari Haji dan Umroh. Ada beberapa aspek yang dapat dilakukan sebagai pengujian atau cara melihat keaslian dari air zam-zam.

Air zam-zam sendiri menjadi salah satu minuman yang dicari karena manfaatnya, dan menjadi salah satu air istimewa yang dapat ditemukan di Tanah Suci.

Ilustrasi air zamzam (Pixabay)

Secara kimiawi, air zam-zam terdiri dari susunan molekul air yang indah, cantik, dan teratur, sehingga menjadikan minuman ini sangat diminati.

Karena keistimewaannya tersebut, berbagai negara juga ikut menjualnya, tidak terkecuali di Indonesia.

Salah satu lokasi yang menjual air zam-zam yaitu di Pasar Tanah Abang, namun Anda tentunya wajib memahami air zam-zam yang asli jika membelinya di sana.

Cara Membedakan Air Zamzam Asli dan Palsu

Di bawah ini adalah beberapa hal yang dapat diperhatikan untuk menguji keaslian dari air zam-zam:

Warna

Warna juga dapat dijadikan aspek penentu untuk membedakan air zam-zam yang asli dan palsu. Warna air zam-zam yang asli tidak akan berubah sama sekali seperti saat pertama kali dibeli, sekalipun sudah disimpan selama 10 tahun. Berbeda dengan air biasa yang mulai menjadi keruh dalam waktu 1-2 bulan.

Kemasan

Selain dari rasa, air zam-zam asli bisa dibedakan dari kemasan kardus, air zam-zam yang asli diimpor dari Arab Saudi terdapat tempelan boarding pass dan pada umumnya terdapat tulisan Arab pada kardusnya. Selain itu, packingan untuk air zamzam asli menggunakan kayu. Anda juga dapat mencoba cara lain dengan mengocok kemasan. Air zam-zam asli tidak akan menghasilkan busa saat dikocok.

Rasa

Anda dapat menguji keaslian air zam-zam dengan cara mencicipinya secara langsung, sebab air zam-zam yang asli mempunyai rasa yang sedikit berbeda dengan air putih, yaitu terasa sedikit getir mirip dengan air tanah. Adapun dari segi tekstur lebih mirip dengan air kelapa.

Kandungan TDS air

Cara untuk mengetahui keaslian air zam-zam lainnya yaitu dengan mengecek kandungan TDS air, meskipun cara ini sulit untuk dilakukan.

TDS adalah Total Dissolved Solid air, yang digunakan untuk mengukur total padatan mulai dari mineral, garam, dan logam yang terlarut dalam jumlah volume air.

Dalam air zam-zam yang asli terdapat kandungan mineral yang tinggi, dengan TDS yang berkisar pada 400-500-an. Adapun air zam-zam yang palsu angkanya berada di bawah standar angka tersebut. Anda bisa mendapatkan alat TDS di berbagai toko-toko online.

Demikianlah beberapa aspek yang dapat diperhatikan dan cara untuk membedakan air zam-zam yang asli dan palsu. Semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi