Viral Maba Dibentak Senior saat Ospek Online, Najwa Shihab Unggah Surat Cinta untuk Semua Maba

Tim Editor

Najwa Shihab (Foto: Instagram/@najwashihab)

ERA.id - Opsek atau masa pengenalan kampus di masa pandemi COVID-19 ini memang berbeda. Mahasiswa Baru (maba) melaksanakannya secara online. Di antara banyaknya ospek online di berbagai kampus, baru-baru ini muncul sebuah video viral.

Video yang beredar merupakan video ospek online dari Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun 2020 atau kegiatan ospek di Universitas Negeri Surabaya. Video berdurasi 30 detik itu bermula dari unggahan akun Twitter @Rafirizqu19.

Dalam video itu, terlihat seorang maba ketakutan lantaran dibentak oleh seniornya karena tidak pakai ikat pinggang. Kemudian tiga senior lainnya juga ikut membentak maba tersebut. Maba itu mengatakan, "maaf kak".

Usai video itu beredar, warganet pun marah. Publik tak terima dengan sikap kakak senior yang kasar kepada junior. Video itu telah ditonton hampir 5 juta kali. Beberapa artis dan publik figur memberikan pendapat tentang video viral itu, salah satunya adalah Najwa Shihab. 

Melalui akun Instagram-nya, jurnalis berusia 43 tahun itu memberikan surat cinta kepada maba yang baru menempuh ospek online. Najwa Shihab mengatakan sejak sepekan lalu, ia sering diminta tips dan undangan jadi pembicara dalam acara virtual.

Najwa Shihab (Foto: Instagram/@najwashihab)

"#OspekLDR Sejak minggu lalu saya sering banget di-tag dan terima DM dari adek-adek mahasiswa baru di seluruh Indonesia yang cerita soal orientasi kampusnya. Ada yang curhat, undang untuk jadi pembicara virtual, minta tips dan nasehat, ijin pinjam kutipan, dll," tulis @najwashihab

Ibu anak satu ini mengunggah foto jadul saat ospek di kampusnya. Lebih lanjut, ia mengenang memori saat menjalani ospek.

"Jadi keinget waktu saya ospek dulu. Memori soal ini memang campur aduk, tapi salah satu yang rasanya paling berguna adalah kesempatan berkenalan dengan mahasiswa beda fakultas, kakak angkatan dan mengenal kehidupan di sekitar dan di luar kampus," lanjut istri Ibrahim Sjarief Assegaf ini.

Meski di tahun ini aktivitas serba daring, menurutnya ini bisa dijadikan sebagai ajang untuk berkenalan dengan teman sebanyak mungkin.

"Tahun ini karena aktivitas kampus dilakukan secara online, peluang dan cara berjejaring bisa menjadi lebih menarik. Justru lewat tekhnologi kita kini terkoneksi tanpa batasan geografi. Kita bisa membangun perkawanan berdasarkan kesamaan minat dan tujuan lewat berbagai platform media sosial," katanya. 

Menurutnya, kuliah bukan hanya soal mengejar nilai atau IPK. Melainkan, orang-orang yang ditemui, pengalaman yang dijalani, skill terlatih, pemahaman yang didapatkan. Baginya, itu semua menjadi jauh lebih kaya lewat jejaring yang dibangun semenjak menjadi mahasiswa.

"#CatatanNajwa akan coba membantu adek-adek mahasiswa untuk bisa ketemu teman-teman baru lewat #OspekLDR. Membangun jejaring, mencari kawanan LDR-mu," paparnya.

Tag: viral Najwa Shihab Ospek daring PKKMB Universitas Negeri Surabaya

Bagikan :