Kenali Karakter Aslimu yang Paling Tersembunyi Lewat Golongan Darah

| 17 Nov 2020 23:00
Kenali Karakter Aslimu yang Paling Tersembunyi Lewat Golongan Darah
Golongan darah (Foto: Freepik)

ERA.id - Tak hanya dengan gambar, tes kepribadian bisa dilakukan melalui golongan darah atau yang dikenal dengan istilah Ketsueki-Gata. Istilah ini mulai pepuler sejak 1930-an, setelah Profesor Jepang Tokeji Furukawa yang menerbitkan makalah yang mengklaim setiap golongan darah mencerminkan kepribadian seseorang.

Dilansir dari Times of India pada Selasa (17/11/2020), terdapat empat golongan darah yang dikenal, yaitu A, B, O dan dibedakan satu sama lain berdasarkan berdasarkan antigennya. Antigen ditemukan di permukaan sel darah merah dan membantu menjelaskan seberapa efektif sistem kekebalan tubuh bekerja.

Kamu pasti akan terkejut mengetahui bahwa orang Jepang sangat gemar menanyakan apa golongan darah orang lain. Sebab, mereka sangat percaya pada teori kepribadian golongan darah. Orang Jepang menggunakannya sebagai alat untuk perusahaan dan menilai potensi yang dimiliki calon karyawan.

Meski pun tes kepribadian golongan darah belum dibuktikan keakuratannya secara ilmiah. Namun, banyak orang terutama di Jepang mengklaim bahwa tes itu benar. Alangkah baiknya kamu mencari tahu kepribadianmu dengan menilik golongan darah. Simak berikut ini:

1. Golongan Darah A

Orang yang memiliki golongan darah A cenderung sensitif, kooperatif, emosional, bersemangat dan pintar. Mereka sangat sabar, setia dan cinta damai sehingga tidak suka bertengkar dengan siapa pun. Namun, terkadang orang-orang ini terlalu sensitif. Mereka sangat peduli dengan etika dan standar sosial.

Mereka mengambil keputusan sangat matang. Sehingga, mereka tidak bisa melakukan tugas secara bersamaan. Sifatnya membuat golongan darah A suka kebersihhan dan segala sesuatu terstruktur. 

Jadi, jangan heran jika banyak orang OCD (obsessive comppulsive disorder) bergolongan darah A. Ini yang membuat mereka mudah stres. Sebab, mereka punya tingkat hormon kortisol yang tinggi.

Sifat umum: Baik hati, pemalu, perhatian, keras kepala, sopan, tegang, dapat diandalkan, terlalu sensitif, perfeksionis, bertanggung jawab, pemalu, cemas, tenang dan pendiam.

Sifat baik: Setia, perfeksionis, teratur, dan konsisten.

Ciri buruk: Obsesif, terlalu sensitif, pesimis, keras kepala, mudah stres dan cerewet.

Orang ini adalah teman yang bisa diandalkan dan dipercaya. Mereka tidak suka menunjukkan emosi dan perasaan mereka kepada siapa pun kecuali dengan orang yang dianggap nyaman.

2. Golongan Darah B

Orang dengan golongan darah B sangat kreatif dan cepat mengambil keputusan. Sayangnya, mereka tidak pandai mengartikan pesan. Mereka memiliki tekad dan keinginan kuat. Ini menjadikan mereka yang terbaik saat melakukan sesuatu. Sama seperti golongan darah A, pemilik golongan darah B tidak pandai multitasking.

Pemilik golongan darah B bijaksana, memiliki empati terhadap orang lain, berteman baik dan dapat diandalkan. Namun, mereka sering mendapatkan diskriminasi karena kepribadiannya yang negatif, seperti keegoisan dan terkadang tidak kooperatif. Selain itu, mereka cenderung menjadi penyendiri.

Sifat positif: Mudah  penasaran, kuat, santai, kreatif, suka berpetualang, bersemangat, ceria, aktif dan ramah.

Sifat negatif: Liar, tidak menentu, egois, tak kenal ampun, tidak kooperatif, tak bertanggung jawab dan tidak bisa diprediksi.

3. Kepribadian golongan darah AB

Orang dengan golongan darah AB adalah perpaduan dari tipe kepribadian A dan B. Orang-orang ini dinilai rumit dan memiliki kepribadian ganda. Di saat bersamaan, mereka pemalu seperti tipe A dan terbuka seperti golongan B. 

Mereka menutupi kepribadian mereka yang sebenarnya dari orang asing. Sehingga, sebagian besar orang menganggap golongan darah ini kepribadian ganda. Sulit untuk menebak pikiran mereka, sampai kamu harus mengenal mereka lebih dalam. Mereka adalah pemilik golongan darah paling langka di dunia.

Pemilik golongan darah AB dinilai menawan dan mudah berteman. Namun, mereka buruk dalam mengatasi stres. Pemilik darah AB sangat berhati-hati saat berurusan dengan orang lain dan berempati. Orang-orang ini juga memiliki keterampilan analitis dan logis yang luar biasa.

Sifat baik: Tampan, terkontrol, keren, pengejar mimpi, perhatian, rasional, dapat dipercaya, mudah beradaptasi, dan kreatif.

Sifat negatif: Rumit, rentan, tidak bertanggung jawab, egois, pelupa, tak kenal ampun dan kritis.

4. O Kepribadian golongan darah

Pemilik golongan darah O adalah orang yang berani, supel, dan rajin. Mereka memiliki kebiasaan menetapkan standar tinggi untuk diri sendiri dan melakukan semua yang mereka bisa untuk mencapainya. Orang-orang ini memiliki kualitas kepemimpinan yang sangat baik dan hal-hal kecil tidak mengganggu mereka. Hal ini membuat mereka tampak egois bagi orang lain.

Mereka murah hati, baik hati, dan penuh kasih. Mereka beradaptasi dengan baik dengan perubahan. Pemilik golongan darah O sangat ulet, fleksibel dan bekerja lebih baik daripada golongan darah lain dalam situasi sulit.

Sifat positif: Kepemimpinan, santai, pemikiran positif, percaya diri, tenang, ramah, setia, damai, bersemangat, mandiri, dapat diandalkan, riang, pencipta tren, dan setia.

Orang Jepang menyebut pemilik golongan darah O sebagai pejuang karena mereka kuat dan tahan lama. Orang-orang ini berkata jujur ​​dan membenci orang yang menyembunyikan kebenaran.

Sifat negatif: Cemburu, kejam, kasar, tidak tepat waktu, tidak sensitif, dingin, tidak dapat diprediksi, egois, dan sombong.

Rekomendasi