Mewah dan Elegan, Berikut 5 Tanaman Hias Calathea Termahal

Tim Editor

Tanaman hias Calathea (Foto: Instagram/@yovanika49)

ERA.idCalathea menghadirkan beragam jenis corak cantik pada daunnya dan menjadi daya tarik tersendiri. Calathea hadir dengan ciri khas daun yang lebar, lengkap dengan corak garis-garis yang memadukan warna-warna cantik. Selain itu, perawatan dari tanaman hias satu ini relatif mudah. 

Calathea membutuhkan sedikit cahaya saja agar terus berkembang. Maka dari itu, Calathea banyak dijadikan sebagai tanaman hias di dalam ruangan. Kini, Calathea tengah populer dan beberapa jenis tanaman hias Calathea tengah banyak dicari di Indonesia. 

Sehingga beberapa jenis tanaman hias Calathea dikenakan mulai dari yang mahal hingga mahal. Bahkan, tanaman hias jenis ini dihitung berdasarkan jumlah dan besar daun. Berikut 5 jenis tanaman hias Calathea yang harganya mahal:

1. Calathea Roseopicta

Calathea Roseopicta (Foto: Instagram/@capsulevegetale)

Salah satu varietas Calathea yang banyak diburu oleh kolektor tanaman hias karena memiliki warna daun yang cantik dan unik adalah Calathea Roseopicta. Jenis Calathea satu ini banyak digandrungi lantaran bentuk dan warna daun yang menakjubkan. Daunnya berbentuk elips hijau menampilkan garis-garis berwarna merah muda dari pelepah. Tinggi rata-rata Calathea Roseopicta mencapai 50 cm.

Tanaman hias ini memiliki daun bulat besar warna hijau tua di atas, namun merah di bawah. Sedangkan di permukaan daun bagian atasnya terdapat garis-garis krem atau merah muda yang melingkar. Dilihat dari beberapa market place, harga Calathea Roseopicta kurang lebih Rp120 ribu sampai Rp400 ribu.

2. Calathea Orbifolia

Calathea Orbifolia (Foto: Instagram/@plantsoffice)

Calathea Orbifolia memiliki daun yang lebih melebar dan melengkung. Corak garis-garis pun seolah seperti warna silver. Bentuknya oval dengan kombinasi garis-garis hijau dan perak-keputihan, membuat jenis tanaman hias satu ini termasuk salah satu jenis tanaman hias Calathea yang populer.

Calathea Orbifolia memiliki lebar hampir 20 cm, dengan daun tebal dan corak yang indah. Calathea Orbifolia sifat pembersih udara yang bagus. Calathea Orbifolio dibanderol kisaran antara Rp350 ribu sampai Rp750 ribu.

3. Calathea Crimson

Calathea Crimson (Foto: Instagram/@hopelessbotanics)

Calathea Crimson menghadirkan warna cantik, yakni ungu muda hingga ungu pekat. Corak garis pada daun Calathea Crimson menciptakan gradasi warna yang indah.

Harga cukup tinggi juga ditawarkan untuk jenis tanaman hias calathea yang satu ini. Karena kecantikan daunnya, Calathea Crimson dapat dijual mencapai Rp750 ribu hingga Rp. 1,2 juta.

4. Calathea Contravenestra

Calathea Contravenestra (Foto: Instagram/@yulianurseri)

Calathea Contravenestra memiliki daun dengan gradasi hijau, dimulai dari yang paling muda hingga paling tua. Keunikan dan kecantikan inilah yang membuat Calathea Contravenestra mahal. Di situs belanja online, Harga satu pot yang berisi enam daun Calathea Contravanestra dapat mencapai Rp. 2,25 juta.

5. Calathea Flamestar

Calathea Flamestar (Foto: Instagram/@salmandaplants)

Calathea Flamestar memiliki warna daunnya sangat cantik dan terdapat corak garis-garis seperti sapuan kuas. Selain itu, perawatannya juga tidak terlalu sulit. Jadi,  Calathea Flamestar memang harus sering disiram, tetapi jangan berlebihan. Selain itu, calathea juga menyukai suhu hangat hingga tinggi. Untuk harganya sendiri, Calathea Flamestar terbilang mahal. Satu tanaman Calathea Flamestar dijual mencapai Rp500 ribu sampai Rp1,5 juta. 

Tag: Tanaman Hias Calathea

Bagikan: