Ada Philodendron Hingga Calathea, 5 Tanaman Hias Bentuk Daun yang Unik dan Cantik

Tim Editor

Tanaman calathea (Foto: Instagram/@cambridge_bee.co.uk)

ERA.id - Mengoleksi tanaman hias menjadi hobi baru bagi masyarakat di tengah pandemi. Akibatnya, beberapa tanaman hias kembali naik daun sampai-sampai harga jualnya melonjak drastis hingga ratusan juta. Tak hanya dirasakan pecinta tanaman, penjual juga merasakan tingkat penjualan jadi melonjak.

Tanaman hias seperti janda bolong, aglaonema, keladi hingga alocasia kini tengah diburu karena harganya yang mahal. Tak hanya mahal, pecinta tanaman juga memburu tanaman hias yang bentuk daunnya unik dan cantik. Dilansir dari kanal YouTube Efrodina Official, berikut 7 tanaman hias yang memiliki bentuk daun unik dan cantik:

1. Calathea Orbi

Calathea Orbi (Foto: Instagram/@plantsoffice)

Calathea menjadi tanaman hias yang akhir-akhir ini tengah populer dan menjadi incaran. Salah satu jenis calathea yang memiliki bentuk unik dan cantik adalah Calathea Orbifolio. Calathea jenis ini adalah salah satu spesies tanaman Calathea yang tumbuh asli di Bolivia.

Calathea Orbifolio biasanya digunakan sebagai tanaman penghias rumah karena bentuk daunnya yang unik, cantik, dan lebar. Supaya dapat hidup lebih baik, tanaman ini butuh tempat yang teduh, lembap, dan air yang banyak.

2. Peperomia Watermelon

Peperomia Watermelon (Foto: Instagram/@olivra.houseplants)

Peperomia merupakan salah satu jenis tanaman hias yang banyak dipilih untuk dekorasi ruangan. Salah satu paperomia yang memiliki bentuk unik dan menawan adalah Paperomia Watermelon. Peperomia adalah tanaman hias yang daun menyerupai semangka. Paperomia Watermelon tidak menyukai paparan sinar matahari secara langsung. Apabila diletakkan di dalam ruangan, tanaman ini sebaiknya dijemur saat matahari pagi minimal 2 kali seminggu. Kamu bisa menyesuaikan penyiraman tanaman dengan kelembaban media.

3. Philodendron Monstera

Philodendron Monstera (Foto: Instagram/@plantme.cl)

Variegata tak hanya terjadi pada tanaman jenis Monstera. Melainkan juga di Philodendron yang bernama Philodendron Monstera. Tanaman Philodendron unik ini memiliki nama ilmiah Philodendron monstera deliciosa. Philodendron Monstera sangat mudah tumbuh dan dirawat meski seorang pemula sekalipun. Selain itu, harganya juga terbilang ekonomis. Tanaman hias satu ini bisa ditempatkan didalam maupun luar ruangan. 

4. Cocor Bebek

Cocor bebek (Foto: Instagram/@baityjournal)

Tanaman Cocor Bebek atau Kalanchoe blossfeldiana adalah salah satu tanaman yang banyak menghiasi teras rumah penduduk Indonesia. Tanaman hias yang berasal dari Madagaskar terbilang unik karena memiliki daun yang tebal dengan tepi bergelombang. Cocor bebek memang indah dijadikan tanaman hias, tetapi tanaman ini juga bisa bermanfaat untuk kesehatan. Sejak lama, Cocor Bebek dijadikan obat tradisional untuk menyembuhkan sakit kepala, batuk, demam, obat luka, dan penyakit kulit.

5. Pilea

Pilea (Foto: Instagram/@zenthegarden)

Pilea cocok atau chinese money plant cocok diletakkan di ruangan kecil. Daun yang bundar dan kecil membuat tanaman ini bisa diletakkan di pot yang kecil dan sederhana. Pilea terbilang unik karena memiliki bentuk daun yang bulat mengkilap mirip dengan uang koin. Pilea sangat mudah dirawat dan cocok diletakkan dalam rumah karena tidak mendapatkan sinar matahari secara langsung. Namun, hati-hati dengan penyiramannya, sebab Pilea harus disiram lalu dikeringkan agar tidak terjangkit jamur.

Tag: Tanaman Hias

Bagikan: