Tanaman Lidah Mertua Ada Bunganya, Bagaimana Tumbuhnya?

Tim Editor

Lidah mertua berbunga (Foto: Pinterest)

ERA.id - Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa lidah mertua ternyata bisa berbunga, walau tak sering. Ini adalah peristiwa langka dan tidak akan pernah terjadi lebih dari sekali dalam setahun. Munculnya bunga biasanya terjadi hanya pada tanaman yang hidup di luar ruangan sepanjang tahun.

Lidah mertua berbunga (Foto: Pinterest)

Bagaimana Tumbuhnya Bunga Lidah Mertua?

Perlu diingat, lidah mertua tumbuh dengan cepat dan menahan banyak pengabaian dalam perawatan. Bahkan, lidah mertua tetap hidup dan tumbuh dalam kondisi minim cahaya.

Kelalaian inilah yang seringkali dapat memacu lidah mertua untuk berbunga. Ketika lidah mertua dibiarkan kehabisan sumber dayanya, dengan sedikit air dan banyak tingkat cahaya tinggi. Mereka menyebar dengan cepat dan dapat dengan sangat cepat menjadi terikat pada akar.

Inilah yang sering merangsang tanaman untuk berbunga. Alasan untuk ini adalah pengabaian memberi pesan pada tanaman bahwa ia akan mati karena kekeringan.

Hal ini memotivasi untuk menghasilkan bunga (biji) untuk menyebar serta berakar dan berkembang.

Seperti Apa Bunga Lidah Mertua?

Saat mekar, bunga lidah mertua tumbuh bersama dengan batang atau paku yang tinggi. Tangkai bunga tumbuh sekitar 91 cm dan ditutupi dengan bunga-bunga kecil berwarna kehijauan seperti honeysuckle, krem, atau putih.

Bunga ini sangat harum di malam hari dan mengandung nektar yang sangat manis dan lengket, yang muncul sebagai tetesan embun pada batang bunga. Bunga mekar pada siang hari dan terbuka setelah gelap.

Tidak ada informasi yang tersedia mengenai berapa lama mekarnya bunga lidah mertua bakal bertahan. Ketika bunga lidah mertua mati, pastikan untuk memangkas tangkai bunga di pangkalnya demi membantu tanaman menghemat energi dan menyajikan penampilan yang lebih rapi.

Meskipun bunga ini mencolok, biasanya tidak cukup kuat untuk digunakan dalam rangkaian bunga. Namun, perlu diingat bahwa lidah mertua tidak akan mati usai berbunga.

Tag: Tanaman Hias Lidah mertua

Bagikan: