Membasmi Berbagai Racun, 7 Tanaman untuk Membersihkan Udara Berdasarkan NASA

| 04 Jun 2021 08:00
Membasmi Berbagai Racun, 7 Tanaman untuk Membersihkan Udara Berdasarkan NASA
Ilustrasi tanaman (Foto: Pexels/Huy Phan)

ERA.id - Ingin mengurangi racun di rumahmu? Seringkali kuman dan racun yang tidak dapat dilihat rupanya adalah yang paling berbahaya. Sayangnya, tanaman pembersih udara ini akan membantumu membuang racun dan meningkatkan kualitas udara.

Dilansir dari Better Homes Garden pada Jumat (4/6/2021), Berikut kumpulan tanaman untuk membersihkan udara yang terbaik berdasarkan NASA sekaligus bisa mempercantik halaman rumahmu.

1. Palem Pinang 

Palem Pinang (Foto: Instagram/@tanaman_palem_bogor)
Palem Pinang (Foto: Instagram/@tanaman_palem_bogor)

Tanaman palem pinang sangat bagus untuk ruang yang lebih besar. Palem Pinang dapat menghilangkan racun, bahkan tidak beracun untuk anjing dan kucing. Kamu bisa merawat pohon pinang dengan banyak air (beberapa kali seminggu) selama musim panas, tetapi tidak sebanyak di musim dingin. Racun yang dibasmi pada pohon pinang adalah benzene, carbon monoxide, formaldehyde, trichloroethylene, dan xylene.

2. Peace Lily

Peace Lily (Foto: Unsplash/Bellava G)
Peace Lily (Foto: Unsplash/Bellava G)

Peace Lily atau bunga lily adalah tanaman yang mudah didapatkan dan tidak menuntut banyak perawatan. Dengan daun hijau mengkilap, ini membuat peace lily sempurna untuk diletakkan setiap ruangan terutama tempat-tempat dengan minim cahaya. Selain cantik, peace lily bisa membersihkan udara dan melawan racun, seperti benzene, carbon monoxide, formaldehyde, trichloroethylene, dan xylene.

3. Philodendron

Philodendron (Foto: Instagram/@ruangtanamjakarta)
Philodendron (Foto: Instagram/@ruangtanamjakarta)

Philodendron memiliki bentuk daun hati dan jadi tambahan yang bagus untuk bagian indoor. Philodendron relatif mudah dirawat, hanya membutuhkan air cukup dan tidak langsung terkena paparan sinar matahari. Untuk kemampuan membersihkan udara, philodendron mampu membasmi racun formaldehyde.

4. Lidah Mertua 

Lidah Mertua (Foto: Pexels/Fabian Stroobants)
Lidah Mertua (Foto: Pexels/Fabian Stroobants)

Sansevieria atau dikenal sebagai lidah mertua adalah tanaman sukulen yang dapat tumbuh hingga dua meter. Ini adalah tanaman dengan perawatan yang minim dan tumbuh subur meski diabaikan. Tempatkan lidah mertua di tempat yang menoleransi cahaya terang, bahkan langsung selama beberapa jam sehari. 

Hati-hati jangan sampai overwater, karena lidah mertua justru tumbuh subur dalam kondisi kering. Untuk kemampuan membersihkan udara, jenis racun yang bisa dihilangkan dari lidah mertua adalah formaldehyde, trichloroethylene, benzene dan xylene.

5. Tanaman Karet

Tanaman Karet (Foto: Instagram/@metimefactory)
Tanaman Karet (Foto: Instagram/@metimefactory)

Tanaman Karet sangat kuat karena menyukai cahaya yang terang. Penyiraman tanaman karet juga bisa dilakukan dengan mingguan di musim panas dan penyiraman setiap dua kali dalam seminggu di musim dingin. Tanaman karet dapat tumbuh di pot kecil atau didorong menjadi pohon indoor besar. Untuk kemampuan membersihkan udara, tanaman karet mampu membasmi racun xylene, benzene, formaldehyde dan trichloroethylene.

6. Lidah Buaya 

Lidah Buaya (Foto: Pexels/Cecília O)
Lidah Buaya (Foto: Pexels/Cecília O)

Aloe Vera atau lidah buaya tidak hanya berguna untuk sifat anti-inflamasi, tanaman ini justru bisa memperbaiki luka dan membantu kulit terbakar. Selain itu, lidah buaya ternyata bisa menjadi pembersih udara yang bagus juga. Lidah buaya tumbuh subur di ruangan yang terang dan hangat. Untuk kemampuan membersihkan udara, lidah buaya bisa menghilangkan racun formaldehyde.

7. Aglonema

Aglonema (Foto: Instagram/@aglonema_murah_nusantara)
Aglonema (Foto: Instagram/@aglonema_murah_nusantara)

Aglonema saat ini sedang menjadi tren karena hadir dalam banyak varietas. Aglonema merupakan salah satu tanaman rumah yang paling mudah untuk tumbuh. Tanaman ini mentolerir sebagian besar kondisi tetapi berkembang di tanah yang dikeringkan dengan baik, suhu lembab dengan kondisi cahaya sedang hingga rendah. Disarankan agar kamu memupuk tanaman aglonema sebanyak dua kali setahun. Dalam membersihkan udara, aglonema dapat membasmi racun formaldehida dan xilena.

Rekomendasi