Lagi Banyak Dicari, Deretan Macam Pot Tanaman Hias yang Unik Beserta Plus Minusnya

| 27 Mar 2021 08:10
Lagi Banyak Dicari, Deretan Macam Pot Tanaman Hias yang Unik Beserta Plus Minusnya
Pot tanaman hias (Foto: Unsplash/vadim kaipov)

ERA.id - Mempercantik rumah dengan tanaman pot bisa menjadi pilihan yang pas selain berkebun langsung ddi halaman rumah. Ada banyak jenis tanaman pot yang bisa kamu rawat. Bisa dilihat dari bentuk, bahan hingga desain pot perlu diakselerasikan dengan jenis tanaman.

Saat ini memang pot tanaman hias juga banyak dicari banyak orang. Sebab, dimasa pandemi ini tanaman hias masih menjadi tren. Yang perlu diketahui adalah kamu harus mengenali jenis pot melalui kelebihan dan kekurangannya. Dilansir dari berbagai sumber, berikut macam-macam pot tanaman hias beserta plus minusnya.

1. Pot Berbahan Kayu

Pot kayu (Foto: Instagram/@laurenjaynethurlow)

Pot kayu memiliki kelebihan, yakni bentuk yang beragam. Jika kamu ingin tanaman hias menjadi lebih klasik dan sederhana, bisa menggunakan jenis pot ini. Rumahmu akan terasa lebih klasik dan menambah estetika. Selain itu, pot kayu tidak mudah retak dan bisa meresap.

Sayangnya, jenis pot kayu memiliki kekurangan, seperti bisa habis dimakan rayap. Jadi, kamu perlu berhati-hati untuk penempatannya. Pot jenis kayu juga sebaiknya tidak ditempatkan di atas tanah atau yang rawan terkena hujan. Hal ini dikarenakan mudah lapuk atau lembek.

2. Pot Berbahan Semen

Pot yang berbahan semen, juga bisa kamu gunakan untuk menanam tanaman. Kelebihan dari berbahan semen harganya juga cukup terjangkau dan lebih tahan lama karena tidak mudah retak atau pecah. Pot yang terbuat dari bahan semen mudah menyerap air dengan baik. Sehingga membuat suhu di media tanah tetap terjaga dengan baik.

Namun, pot yang terbuat dari semen juga memiliki kekurangannya. Kekurangan dari pot yang berbahan semen adalah bahannya yang berat. Apalagi bagi kamu yang suka memindah posisi taman. Sehingga sulit untuk dipindahkan ke tempat lain.

3. Pot Tanaman tanah Liat

Pot Tanaman tanah Liat (Foto: Instagram/@refoundobjects)

Jenis pot ini memiliki ukuran dan bentuk yang beragam. Kamu bisa memilih pot yang terdapat ukiran atau gambar dan menambah unsur seni di rumah. Jenis pot ini cocok digunakan untuk jenis tanaman hias apapun. Kamu bisa menggunakan pot ini karena memiliki kelebihan material tanah liat. Selain itu, pot berbahan tanah liat bisa membuat air lebih meresap dengan baik dan sirkulasi udara pun menjadi tetap terjaga.

Kekurangan dari pot ini adalah mudah pecah jika tak berhati-hati, pot ini tidak bisa diletakan di luar rumah karena akan terkena hujan. Hal ini ditakutkan akan membuat pot menjadi ancur secara perlahan-lahan. Selain itu, tekanan pada akar yang keras juga bisa membuat pot ini pecah.

4. Pot Berbahan Plastik

Pot yang cukup sering ditemukan adalah pot tanaman plastik. Pot tanaman yang satu ini memiliki bentuk dan warna dalam banyak pilihan. Selain itu, bobot pot ini cukup ringan dan cocok untuk digantungkan. Kalau pun terjatuh, pot tanaman plastik tidak akan mudah retak atau pecah. 

Sayangnya, pot yang sering digunakan untuk tanaman hias ini tidak memiliki pori-pori pada permukaannya sehingga suhu di dalam pot akan naik di siang hari dan tanaman mudah layu. Jadi kamu harus memilih tanaman yang kuat terhadap panas jika ingin menggunakan pot ini.

5. Pot Tanah Porselen

Free stock photo of festival, Pot paintingPot Tanah Porselen (Foto: Pexels/Kamrul Akhandh)

Jenis pot porselen memiliki kelebihan, yakni lebih mewah dan antik sehingga harganya lebih mahal. Jenis pot ini biasanya digunakan untuk tanaman hias yang cantik agar memperindah pekarangan rumah atau ruangan. Warna dari pot ini juga sangat beragam tergantung dari porselennya. Selain itu, bentuk dan ukuran juga beragam. 

Namun, kekurangan dari pot porselen ini ternyata tidak semua tanaman bisa diletakkan pada pot berbahan porselen ini. Selain itu harganya mahal dan pot berbahan porselen ini harus berhati-hati dalam menggunakannya dikarenakan mudah pecah.

Rekomendasi