Hidup Kembali, 6 Langkah Menyelamatkan Tanaman yang Hampir Mati

Tim Editor

Tanaman (Foto: Unsplash/Gemma Evans)

ERA.id - Memilih tanaman yang tepat untuk kamu dan menjaganya tetap hidup memang terbilang rumit. Salah meletakkan jenis tanaman di dalam ruangan, akan membuatnya layu hingga mati. Jika tanaman indoor kesayangan kamu hampir mati, jangan langsung dibuang. 

Dilansir dari Better Homes & Gardens Australia pada Rabu (7/4/2021), cobalah beberapa langkah ini agar tanaman tidak layu. Berikut enam langkah untuk menghidupkan kembali tanamanmu.

1. Ganti Pot Tanaman 

Man smiled happily holding flower plants in pots while taking care Premium PhotoIlustrasi tanaman (Foto: Freepik/odua)

Gunakan campuran pot tanaman dalam ruangan berkualitas tinggi untuk merevitalisasi tanamanmu. Pilih pot yang lebih lebar dari yang terakhir. Jika tanamanmu mengalami dehidrasi, tambahkan beberapa kristal penyimpan air.

2. Pangkas Tanaman 

Jika terjadi kerusakan pada akarnya, rapikan kembali daunnya. Ini berarti akarnya tidak harus bekerja keras untuk menopang dedaunan dalam jumlah besar.

3. Pindahkan Tanaman 

Woman Sitting While Reading Book Near Potted PlantsIlustrasi tanaman (Foto: Pexels/cottonbro)

Apakah tanamanmu mendapatkan terlalu banyak sinar matahari? Cari daun kering, rapuh dan bercak terang atau gelap pada daun. Alternatifnya, jika tanamanmu tidak mendapatkan cahaya yang cukup, daunnya akan menjadi kecil dan pucat. Pindahkan tanamanmu ke rumah baru dengan kondisi cahaya yang lebih baik.

4. Sirami Tanaman 

A Girl Watering The PlantsIlustrasi siram tanaman (Foto: Pexels/Karolina Grabowska)

Jika tanah sangat kering dan daunnya rapuh, tanaman mengalami dehidrasi dan membutuhkan air. Jangan membanjiri tanah, sirami tanamanmu sampai tanah terasa lembap. Selanjutnya, rendam dalam mangkuk berisi air yang dangkal selama 10 menit.

Namun, jika tanaman kamu kekurangan air, akarnya akan mulai membusuk dan jamur bisa tumbuh. Cari tahu berapa banyak air yang dibutuhkan tanamanmu, dan sesuaikan rutinitasmu. Kebanyakan tanaman membutuhkan lebih sedikit air selama bulan-bulan musim dingin.

5. Beri makan tanaman Anda

Berikan tanamanmu butuh tambahan nutrisi, berikan pupuk yang sesuai. Ikuti petunjuknya dengan hati-hati. Hindari memberikan pupuk yang terlalu banyak.

6. Seka tanaman Anda

Jika tanamanmu diserang serangga, seka daunnya dengan kain lembab atau larutan sabun lembut.

Tag: Tanaman Hias tanaman

Bagikan: