Iis Dahlia Ungkap Kronologi Lupa Lirik: Ritsleting Copot Hingga Prompter Tertutup

| 23 Apr 2021 23:59
Iis Dahlia Ungkap Kronologi Lupa Lirik: Ritsleting Copot Hingga Prompter Tertutup
Iis Dahlia (Screenshoot Youtube)

ERA.id - Pedangdut Iis Dahlia mengungkap fakta di balik lupa lirik yang viral di media sosial. Ia menyebut banyak mengalami kendala mulai dari ritsleting copot hingga prompter tertutup.

Setelah lama bungkam atas kontroversi yang menyeret namanya, Iis Dahlia akhirnya buka-bukaan tentang kronologi kejadian yang menimpa dirinya. Ia menyebut sejak awal banyak kendala yang terjadi.

"Jadi gini sebenarnya, nyanyi lagu ini tuh nyanyi enggak nyanyi enggak. Tipenya aku kan, umpama ada nyanyi, gue dari rumah ke studio itu ngedengerin, ngerewind lagi gitu bahwa lagunya gini, melodinya gini," kata Iis Dahlia di YouTube Melaney Ricardo. 

Lalu, kata Ibunda Devano, saat tiba di studio untuk syuting ia kembali memastikan ke manajernya terkait penampilannya saat itu. Kala itu manajer Iis menegaskan bahwa ia tidak akan bernyanyi kala itu. 

Sayangnya 30 menit menjelang acara berlangsung, Iis Dahlia mendapat kabar bahwa ia dipastikan tampil membawakan lagu "Ramadhan Tiba" milik Opick. Saat itu juga Iis dianjurkan untuk berlatih dalam waktu yang singkat. 

(Screenshoot Youtube)

"Udah latihan, aman dan yang diingatan aku adalah lagu ini gampang-gampang susah karena melodinya hampir sama. Ramadhan tiba, Marhaban ya Ramadhan," ungkapnya. 

Namun rasa khawatir Iis kala itu sedikit berkurang saat pihak stasiun televisi memastikan ada prompter di dekat kamera. Sialnya, saat mulai tampil prompter yang menjadi petunjuk Iis tertutup sehingga ia keliru dengan liriknya. 

"Pertama tuh aman pas lagi abis song ketutup. 'Aduh ini Ramadan apa Marhaban ya'. Karena ketutup kan, contekannya ketutup gue pikir balik ke atas, kalau balik ke atas kan Ramadan tiba ternyata Marhaban," kenang Iis. 

Dalam video yang viral itu, wajah Iis juga terlihat panik dan bingung lantaran lirik yang dibawakannya salah. Ia mengaku saat itu dirinya sadar akan kesalahannya dan langsung memperbaiki lirik lagu yang dibawakan. 

"Waktu muka gue gitu tuh gue nyadar 'ih kok melodinya Marhaban nih bukan Ramadhan," tegasnya. 

Ritsleting Baju Copot dan Panik Sebelum Tampil

Bukan hanya itu saja kendala yang dialami oleh Iis Dahlia. Sebelum naik ke atas panggung dan membuat kesalahan, ia juga mengalami kendala pada baju yang akan dipakai. 

Menurut pengakuannya, saat itu ritsleting bajunya terlepas dan harus segera diatasi. Kondisi kian memburuk lantaran tidak ada baju pengganti yang bisa ia pakai sebagai gantinya. 

"Elsih sama Bobo gak tau diapain pegangannya lepas. Gak ada baju, wardrobe gak ada di situ, gue di lantai 6, wardrobe di lantai 5," tegas Iis Dahlia. 

Alhasil seluruh tim yang berada bersama Iis saat itu bekerja sama untuk menjahit ritsletingnya yang copot. Iis juga mencoba menenangkan diri sambil terus mengingat dan menghapal lagu yang akan dibawakan olehnya.

Lebih lanjut, Iis Dahlia menegaskan kesalahan lirik yang dilakukannya itu juga tak lepas dari pemotongan durasi dari lagu yang sebenarnya. 

"Tricky dan kalian harus tau bahwa kalay nyanyi di TV, kalau umpamanya di CD durasi 3 menit dipotong. Ini impact dari pemotongan itu jadi harus benar-benar diinget," tutup Iis Dahlia.

Rekomendasi