Terkuak Alasan Kenapa Kepala Semua Biksu Harus Gundul

Tim Editor

Ilustrasi bikkhu atau biksu (Wikimedia Commons)

ERA.id - Tidak pernah kita melihat kepala seorang bikkhu atau biksu itu gondrong. Pasti kepalanya selalu saja gundul. Apa sih alasannya?

Dilansir Brilio, Eko Budi Pranyoto (26), salah satu pemeluk Buddha Theravada, menjawab hal itu. Menurutnya, umat Buddha ada dua, pertama yang memilih menjadi umat perumah tangga, kedua itu bikkhu.

Nah, demi menjadi bikkhu, syaratnya memang harus mencukur habis rambut yang ada di kepala alias gundul. Alasannya, demi melepas keduniawian.

Jika gundul, maka nafsu berdandan tak ada lagi. Apalagi hal tersebut didukung dengan jubah biksu yang sangat sederhana, tidak bisa dipakai untuk bergaya modis seperti orang pada umumnya.

"Karena tidak berdandan, maka secara otomatis digundul. Karena kalau ada rambutnya kan harus merapikan rambut, itu termasuk larangan," jelas Eko.

Eko juga menambahkan kalau dalam Budha Theravada, ada 227 aturan atau sila yang harus ditaati. Setiap aliran biasanya punya jumlah sila tersendiri, bisa lebih banyak pun sedikit dari jumlah tersebut.

Seorang bikkhu pun harus melalui pendidikan yang disebut Samanera dalam tempo tertentu. Sementara untuk umat awam yang memilih menjadi umat perumah tangga hanya mentaati 5 sila, yakni tidak membunuh, tidak mencuri, tidak berbuat asusila, tidak berbicara kasar, dan tidak minum minuman keras.

Tag: buddha yang unik biksu

Bagikan: