Tren pada Masa 90-an, Apa Kenanganmu dengan Gelang Prusik?

Tim Editor

Gelang prusik (Pinterest)

ERA.id - Entah sejak tahun berapa tren memakai gelang yang terbuat dari tali prusik marak di Indonesia. Bagi anak 90-an, gelang prusik mungkin akrab bagi mereka.

Gelang prusik, saat masa-masa sekolah dan kuliah, adalah identitas diri. Setidaknya, pada 90-an hingga periode 2014-an akhir masih marak dipakai untuk mendukung gaya casual.

Bagaimana dengan saat ini? Belum diketahui pasti. Sebab gelang prusik kini punya banyak saingan gelang dari biji-bijian dan otomatis kian hari posisinya tergantikan di tangan.

Saat itu, memakai gelang prusik pada zaman sekolah hingga kuliah, baik lelaki maupun perempuan, tercitra sebagai seorang yang keren.

Gelang prusik juga menyimbolkan suatu maskulinitas, berani, seperti halnya anak-anak pencinta alam di kampus-kampus atau sekolah. Benar begitu?

Mari mengingat kembali gelang prusik yang mungkin Anda atau kalian pernah pakai. Gelang prusik yang warnanya unik dan kuat ini, ternyata bukan cuma melingkar di tangan.

Gelang prusik juga biasanya melingkar di kaki pemakainya. Seperti Anggi Amalia, seorang anggota Mapala di Surabaya, yang akrab dengan tali prusik sejak SMU.

“Saat itu kami yang masih sispala seperti menemukan aksesoris untuk menunjukkan jatidiri kami. Selain itu, gelang ini juga memiliki sejarah bagiku dan gelang ini sangat setia menemaniku selama 4 tahun ini,” tutur Anggi dikutip dari laman Wartapala Indonesia.

Saat ditanya apa sejarahnya, Anggi menjawab, "Rahasia."

Berapa harga tali prusik sekarang? Setelah dicek di toko outdoor, tali prusik dibanderol seharga Rp1.000 per meter. Harga yang cukup terjangkau untuk siapa saja.

Fungsinya untuk apa? Fungsi utama tali prusik adalah mengaitkan carabiner dan “kern mantel,”. Sebagai pengaman yang dikaitkan di harness dan biasanya berbahan dasar nilon. Tali ini cukup kuat, elastis, dan mempunyai warna yang beragam.

Wah, ternyata tai prusik multi guna ya. Jika begitu, apa sih kenanganmu dengan tali ini? Selain dijadikan gelang tentu saja.

Tag: lifestyle naik gunung pendaki gunung trend gelang prusik tali prusik

Bagikan: