Ayah Robert Downey Jr Meninggal Dunia Akibat Parkinson

| 08 Jul 2021 09:15
Ayah Robert Downey Jr Meninggal Dunia Akibat Parkinson
Ayah Robert Downey Jr Meninggal Dunia (Instagram/robertdowneyjr)

ERA.id - Kabar duka datang dari keluarga superhero Marvel, Robert Downey Jr. Sang ayah, Robert Downey Sr meninggal dunia usai berjuang melawan parkinson di usia 85 tahun.

Kepergian pembuat film sekaligus ayah dari aktor Robert Downey Jr ini disampaikan langsung olehnya melalui unggahan di Instagram. Dalam unggahan itu, Downey membagikan potret lawas ayahnya bernuansa hitam putih.

"RIP Bob D. Sr 1936-2021. Tadi malam, ayah meninggal dengan tenang dalam tidurnya setelah bertahun-tahun menderita penyakit parkinson," tulisnya dalam keterangan.

Lalu, kata Downey, ayahnya adalah pembuat film maverick sejati dan selalu bersikap optimis. Ia juga mengatakan selama menikah dengan ibu tirinya, Rosemary Rogers-Downey, hidup ayahnya sangat bahagia.

Lahir di New York dengan nama asli Robert John ELias Jr adalah putra dari model Elizabeth (McLoughlin) dan Robert Elias, yang bekerja di manajemen hotel dan restoran.

Saat bertugas di Angkatan Darat, ia memilih untuk memakai nama ayah tirinya, James Downey. Robert dikenal sebagai seorang sutradara yang cukup sukses di tahun 1960-an. Beberapa film pertamanya meliputi Balls Bluff, Babo 73, Chafed Elbows, No More Excuses, dan juga Putney Swope.

Sayangnya memasuki tahun 1970-an kariernya mulai meredup. Belum lagi ketergantungan kokain yang dialaminya cukup mengganggu kegiatannya sehari-hari.

"Saya resmi berhenti di depan anak saya. Dia terus mengingatkan saya tentang hal itu. Saya katakan padanya, 'Jika itu membuat kesan seperti itu pada Anda, lalu mengapa Anda tidak bisa melakukan hal yang sama?' kata Robert ke The Post di tahun 2001.

Film terbaru yang dibintanginya olehnya adalah Tower Heist di tahun 2011 yang dibintangi oleh Eddie Murphy, Ben Stiller, dan Casey Affleck. Sementara penyutradaraan terakhirnya tercatat lewat film Hugo Pool tahun 1997 dan film dokumenter tahun 2005, Rittenhouse Square.

Menurut catatan Variety, Robert Downey Sr. menikah sebanyak tiga kali, pertama kali dengan Elsie Ann Ford tahun 1962-1982. Ia berpisah dengan Elsie karena perceraian.

Pernikahan keduanya tercatat dengan Laura Ernst tahun 1991-1994. Sayangnya Ernst meninggal dunia sehingga Robert kembali menikah dengan Rosemary Rogers di tahun 1998. Sementara Robert Downey Jr dan Allyson Downey merupakan anaknya dari istri pertama, Elsie Ann Ford.

Rekomendasi