Gagal Raih Piala Oscar di Usia Muda, Robert Downey Jr Ngaku Bersyukur, Kenapa?

| 29 Jan 2024 12:35
Gagal Raih Piala Oscar di Usia Muda, Robert Downey Jr Ngaku Bersyukur, Kenapa?
Robert Downey Jr. (Instagram/robertdowneyjr)

ERA.id - Aktor ternama Robert Downey Jr. mengungkapkan kelegaannya tak memenangi Piala Oscar di usia muda. Hal ini berkaitan dengan dirinya masuk nominasi Piala Oscar 1993 di usia 28 tahun.

Robert masuk nominasi Best Actor berkat peran sebagai Charlie Chaplin di film biopik Chaplin. Namun, pada tahun itu, kategori tersebut dimenangkan oleh Al Pacino lewat film Scent of a Woman.

Atas kegagalannya tersebut, Robert Downey Jr. mengaku sangat lega. Ini lantaran saat itu ia masih berusia muda dan memiliki sikap yang tidak bisa dibilang baik sebagai seorang aktor.

"Saya masih muda dan gila pada saat itu," ungkap Robert Downey Jr. dilansir dari Hollywood Reporter.

Robert Downey Jr. mengataka bahwa jika ia memenangkan piala di tahun tersebut, ia akan merasa perilakunya tidak menjadi sebuah masalah karena sudah berhasil dan merasa di jalan yang benar.

"Hal ini akan membuat saya merasa bahwa saya berada di jalur yang benar," tuturnya.

Sebagai informasi, usai mendapatkan nominasi Oscar pertamanya tersebut, Robert Downey Jr. menghadapi beberapa masalah hukum. Ia beberapa kali ditangkap dan dipenjara akibat tuduhan penggunaan narkoba hingga awal tahun 2000.

Bertahun-tahun terpuruk, Marvel Cinematic Universe (MCU) akhirnya memberikan kesempatan untuk Robert lewat peran Tony Stark alias Iron Man. Ia berhasil mengemban peran tersebut dan kembali sukses berkarier sebagai aktor.

Robert Downey Jr. akhirnya kembali menerima nominasi Oscar pada 2009. Namun, saat itu ia kalah dengan almarhum Heath Ledger yang menang berkat peran Joker di The Dark Knight.

Terbaru, Robert Downey Jr. akhirnya mendapat nominasi Piala Oscar ketiganya di tahun 2024 ini. Ia masuk nominasi Best Supporting Actor berkat perannya di film Oppenheimer.

Rekomendasi