Heboh Respon Monty Tiwa Bela Adhisty Zara Habis-Habisan: Saya Memilih Aktor Berdasarkan Skill, Bukan Ukuran Moral yang Abstrak

| 04 Aug 2021 13:50
Heboh Respon Monty Tiwa Bela Adhisty Zara Habis-Habisan: Saya Memilih Aktor Berdasarkan Skill, Bukan Ukuran Moral yang Abstrak
Pembelaan Monty Tiwa ke Adhisty Zara (Dok: Istimewa)

ERA.id - Sutradara sekaligus penulis film, Monty Tiwa, baru-baru ini menunjukkan aksi dan dukungannya terhadap Adhisty Zara. Dia secara terang-terangan membela Zara saat menggelar sesi tanya jawab dengan netizen.

Pembelaan Monty Tiwa terhadap Adhisty Zara itu terlihat dari cuitan yang dibagikan ulang oleh akun Heerandita (@heexox). Dalam tangkapan layar tersebut, terlihat Monty Tiwa menggelar sesi tanya jawab dengan para pengikutnya di Instagram.

Saat itu salah seorang netizen mengaku kecewa dengan kasus skandal yang melibatkan Zara, yang juga akan terlibat sebagai salah satu pemain di film garapan Monty Tiwa.

"Meng kecewa sih pak dengan skandal salah satu cast di film virgin," kata netizen tersebut.

"Astaga... yang kuat ya. Ayo, tabah dong... Rejeki kami jadi terganggu ya? Hah? Enggak terganggu? Ohh kalo gitu kamu bukan kecewa, tapi bego aja," balas Monty Tiwa.

Pembelaan Monty Tiwa ke Adhisty Zara (Dok: Twitter/heexox)
Pembelaan Monty Tiwa ke Adhisty Zara (Dok: Twitter/heexox)

Tidak berhenti sampai di situ saja, netizen lainnya juga mempertanyakan kenapa Zara masuk ke jajaran pemain Virgin The Series. Namun kali ini, Monty Tiwa menjawab bahwa Zara adalah aktor yang bagus dan dia sebagai sutradara filmnya.

"Karna dia aktor yang bagus dan karna saya sutradaranya, bukan kamu," jawabnya.

Melihat respon Monty Tiwa yang terkesan membela Zara, netizen lain pun berusaha untuk mengingatkan dirinya bahwa pemain Dua Garis Biru itu sudah dua kali terkena kasus yang sama.

Tetapi lagi-lagi Monty Tiwa teguh pada pendiriannya. Dia justru mengkhawatirkan orang-orang yang tidak memiliki kebutuhan namun lebih memilih untuk menghakimi seseorang serta menghujatnya.

"Zara pasti akan belajar dari apapun itu yg dia alami. Dia akan belajar karena kini punya kebutuhan untuk belajar menjadi lebih baik. Saya lebih khawatir sama manusia2 yg tidak punya kebutuhan, tapi memilih untuk tidak menjadi lebih baik (dengan menghakimi dan menghujat). Semoga kamu bukan bagian dari ini. Karena kalau iya, penyakitmu nggak ada obatnya," balas Monty Tiwa.

Pembelaan Monty Tiwa ke Adhisty Zara (Dok: Twitter/heexox)
Pembelaan Monty Tiwa ke Adhisty Zara (Dok: Twitter/heexox)

Rupanya respon itu tidak serta merta membuat netizen berhenti memberikan pertanyaan untuk Monty Tiwa. Bahkan terlihat penggemar budaya Korea Selatan membandingkan kasus yang terjadi pada Zara dengan aktor di Korea Selatan.

Menurut netizen itu, bila seorang artis terlibat skandal besar, maka kariernya akan berakhir dan tidak akan lagi dilibatkan dalam film apapun.

Sayangnya Monty Tiwa tidak menggubris hal itu dan tidak menerapkan untuk proyek filmnya. Dia justru menyebut pemilihan aktor untuk film-filmnya berdasarkan skill, bukan ukuran moral yang abstrak.

"Saya memilih aktor berdasarkan skill. Bukan berdasarkan ukuran moral yang abstrak. Ngerti abstrak? Kalau dilihat dari kualitas pertanyaanmu, saya sih nggak yakin," paparnya.

Pembelaan Monty Tiwa ke Adhisty Zara (Dok: Twitter/heexox)
Pembelaan Monty Tiwa ke Adhisty Zara (Dok: Twitter/heexox)

Untuk menguatkan argumennya, sutradara kelahiran 28 Agustus 1976 itu menjabarkan bagaimana pandangannya tentang Zara, yang menurutnya dia kenal secara baik.

Menurut Monty Tiwa, Zara yang dia kenala adalah aktor muda yang sangat potensial, lucu, baik, sayang keluarga, dan punya dedikasi tinggi terhadap profesinya. Dia pun mengaku kecewa dengan reaksi orang terhadap kasus yang menyeret nama artisnya. Baginya, setiap manusia pasti mengalami proses tanpa henti.

"Karena itu saya kecewa dengan reaksi banyak orang. Terutama yg usianya jauh lebih tua. Manusia adalah sebuah proses tanpa henti. Kita adalah produk dari kesalahan dan kebaikan yang pernah dan akan kita buat. Untuk kita kemudian dinilai hanya disatu titik dari sebuah garis perjalanan kemanusiaan kita adalah sebuah tragedi," paparnya.

Monty Tiwa juga berdoa agar siapa pun yang menghujat tidak akan pernah mengalami rasa sakit, yang mana sudah diberikan kepada seorang gadis remaja yang sedang berproses di dalam kehidupannya.

"Saya berdoa semoga kalian yang menghujat tidak akan pernah mengalami rasa sakit yang kalian sudah berikan kepada seorang gadis remaja yang sedang berproses dalam hidup," tegasnya.

Sepanjang menggelar sesi tanya jawab itu, netizen pun mengambil kesimpulan bahwa apa yang dilakukan oleh Monty Tiwa sebagai bentuk dari pembelaan. Namun sayangnya tudingan itu ditepis oleh Monty Tiwa.

"Nggak juga sih (membela). Nama kamu siapa? Kenalan yuk. Supaya kalau kamu nanti dihakimi dan dihujat oleh ribuan orang yang nggak kamu rugiin, saya juga bisa bela kamu. Dan itu dalam kapasitas saya sebagai manusia yang punya hati, bukan sutradara yg punya artis," tutupnya.

Monty Tiwa dikenal sebagai salah satu sutradara ternama Tanah Air yang sukses dengan segudang karyanya. Kerja samanya dengan Zara tercatat untuk film Virgin The Series yang juga turut dibintangi oleh Lutesha, Laura Theux, Shalom Razade, serta Arla Arliani.

Rekomendasi