Ada yang Seharga Rp150 Juta, 6 Jenis Ikan Louhan yang Cantik dan Termahal Beserta Harganya

Tim Editor

Louhan (Foto: Instagram/@flowhobbies)

ERA.id - Selain tanaman hias, jenis ikan seperti cupang, maskoki hingga louhan juga banyak dipelihara dan dibudidayakan dimasa pandemi Covid-19. Sebetulnya, ikan louhan sempat pernah menjadi primadona pada masanya, yakni 2004 hingga 2007. Akan tetapi, sekarang digandrungi lagi dikalangan masyarakat Tanah Air.

Sejak kemunculannya, ikan louhan memiliki harga fantastis dibandingkan ikan hias lainnya. Bahkan, ada yang harganya mencapai Rp150 juta. Berikut 6 jenis ikan louhan yang cantik dan termahal, seperti dilansir dari kanal YouTube Titikdua Net.

1. Louhan bonsai

Louhan bonsai (Foto: Instagram/@bidjie.flowerhorn)
Louhan bonsai (Foto: Instagram/@bidjie.flowerhorn)

Meskipun ikan louhan bonsai memiliki tubuh kecil, namun kepalanya sangat besar. Hal tersebut dipandang unik dan menjadikan ikan ini langka. Jenis louhan bonsai ini tak bersifat agresif, sehingga keindahannya bisa dinikmati oleh tiap mata di akuarium. Ciri khas dari ikan ini adalah wajah jenong yang mempunyai warna beragam. Kebanyakan dari ikan ini memiliki warna beragam seperti merah silver, kuning dan hijau. Louhan bonsai pernah menjadi jenis ikan louhan termahal, dibanderol mencapai Rp150 juta.

2. Golden red

Golden red (Foto: Instagram/@dwp_louhan_aquatic)
Golden red (Foto: Instagram/@dwp_louhan_aquatic)

 

Secara sekilas, louhan golden red memiliki tampilan gradasi dua warna berbeda, yaitu merah dan kuning keemasan. Meskipun terbilang mahal, banyak penghobi yang menjadikannya sebagai peliharaan mereka. Warnanya cantik dengan corak semar, menambahkan pesona dari si golden red ini di aquarium. Harga louhan golden red di pasaran antara Rp600 ribu hingga Rp3 juta.

3. Super red synpillum (SRS)

Super red synpillum (Foto: Aquapedia)
Super red synpillum (Foto: Aquapedia)

 

Ciri khas louhan superred synpillum adalah mempunyai kombinasi warna merah dan oranye yang sempurna dan tak memiliki bintik seperti jenis lain. Untuk harganya sendiri masih diangka dua jutaan, biasanya dibanderol harga Rp2,5 juta per ekornya dan anakan sekitar Rp400 ribu.

4. Super red texas (SRT)

Super red texas (Foto: ikanhias-id.blogspot)
Super red texas (Foto: ikanhias-id.blogspot)

Nama ikan sendiri ini lahir dari perkawinan silang jenis ikan louhan texas dengan ikan louhan golder red. Dari persilangan tersebut, menghasilkan perpaduan warna cantik sesuai induknya. Ikan ini memiliki warna merah merona dihiasi dengan bintik putih merata di seluruh tubuhnya. Ikan louhan jenis super red texas ini tak memiliki jenong besar seperti ikan louhan lainnya meski sudah berusia dewasa. Harga satu ikan louhan ini mencapai Rp2 juta untuk ikan louhan dewasa.

5. Golden base

Golden base (Foto: Instagram/@dequeen_aquatics)
Golden base (Foto: Instagram/@dequeen_aquatics)

 

Sesuai dengan namanya, warna tubuh dari jenis ini cukup khas dengan warna emas dibandingkan jenis ikan louhan lainnya. Ciri khas lainnya adalah warna kuning kemerah-merahan pada sebagian besar tubuhnya. Ikan louhan golden base tak memiliki bintik hitam yang sudah bisa ditemukan di spesies ikan louhan lainnya. Untuk satu ekor anakan ikan louhan golden base biasanya dihargai Rp120 ribu. Jika sudah dewasa kamu bisa membelinya Rp1 juta.

6. Louhan cencu (zhen zhu)

Louhan cencu (Foto: Instagram/@kakaaquarium)
Louhan cencu (Foto: Instagram/@kakaaquarium)

Jenis louchan cencu memiliki pola bintik pada tubuhnya dan cenderung warna merah muda. Maka dari itu, banyak yang menjuluki ikan louhan sebagai ikan louhan mutiara. Ikan louhan ini banyak dicari bagi pemula. Sebab, bentuknya yang unik dan harganya terjangkau. Terdapat dua warna yang ada ditubuhnya, yaitu merah dan emas. Dari bagian kepala hingga bagian tubuhnya kebanyakan warna merah muda. Namun, dari tengah tubuhnya ke ujung ekor warna emas. Harga satu ekor anakan ikan louhan cencu sebesar Rp200 ribu

Tag: ikan louhan ikan termahal ikan louhan termahal

Bagikan: