Ada yang Seharga Rp1,4 Miliar, 9 Makanan Termahal di Dunia yang Bikin Dompet Menjerit

| 02 Sep 2021 08:10
Ada yang Seharga Rp1,4 Miliar, 9 Makanan Termahal di Dunia yang Bikin Dompet Menjerit
Kaviar almas (Foto: Instagram/@nlk008)

ERA.id - Menyantap makanan tak hanya sekedar mengenyangkan perut saja. Bagi sebagian orang, makanan harus dinikmati dengan kualitas yang diolah berasal dari bahan-bahan pilihan. Tak segan-segan, sejumlah orang rela merogoh kocek untuk menikmati makanan yang mahal.

Bicara soal mahal, tentu kamu berpikir jika makanan yang dijual biasanya harganya jutaan. Padahal, ada sejumlah makanan dijual puluhan juta, ratusan juta, hingga miliyaran. Berikut 9 makanan termahal yang bikin dompet menjerit, seperti dilansir dari Musement Blog.

1. Truffle White Alba

Truffle putih Alba (Foto: iStock)
Truffle white Alba (Foto: iStock)

Makanan termahal di dunia yang selanjutnya adalah Truffle White Alba yang hanya bisa ditemukan di Alba, Italia. Setiap tahun, lelang kelas dunia diadakan di Pameran White Truffle di Alba. Tahun lalu truffle putih seberat 1,87 pon dilelang dengan harga 85000 Euro atau Rp1,4 miliar.

2. Kaviar almas

Kaviar almas adalah makanan mewah yang terbaik. Tapi tahukah kamu dari mana asal kaviar termahal di dunia? Kaviar adalah makanan yang terbuat dari telur ikan tertentu, yang umumnya dari ikan sturgeon. Kaviar almas sendiri juga dikenal sebagai kaviar putih. Makanan ini mahal karena kelangkaan ikan yang menghasilkan teur khusus ini. Harganya, yang bisa mencapai hingga 8000 USD atau Rp114 juta atau per setiap dua pon.

3. Saffron

Saffron (Foto: Unsplash/marlik saffron)
Saffron (Foto: Unsplash/marlik saffron)

Berasal dari Timur Tengah dan dengan tepat dijuluki "emas merah", saffron adalah rempah-rempah paling mahal di dunia, dengan harga eceran untuk satu pon berkisar antara 5000 USD hingga 10000 USD atau Rp71,2 juta hingga Rp142 juta. Produksinya membutuhkan banyak kesabaran dan jam kerja manual yang lama untuk mengekstrak putik kecil dari setiap crocus sativus, atau bunga “saffron crocus”. 150 bunga hanya menghasilkan satu gram atau 0,05 ons safron kering.

4. Daging sapi kobe

Salah satu harta kekayaan nasional Jepang adalah daging Kobe dari jenis Tajima yang terkenal sebagai daging terbaik di dunia. Daging marbling yang memberikan kelembutan yang luar biasa dan meningkatkan rasa daging sapi. Kualitas daging sapi Kobe disesuaikan dengan harganya yang dijual USD 100 atau Rp1,4 juta per pon.

5. Semangka Densuke

Semangka densuke (Foto: Amazon)
Semangka densuke (Foto: Amazon)

Dalam budaya Barat, buah-buahan umumnya tidak dianggap mewah. Namun, berbeda di Jepang. Mengingat kekurangan lahan subur, buah langka yang menyebabkan harganya melambung. Semangka hitam Densukeis dipanen dalam jumlah kecil secara eksklusif di pulau Hokkaido, Jepang utara. Salah satunya adalah semangka langka ini yang dijual dengan berat sekitar 18 pon seharga USD 6000 atau Rp85 juta.

6. Melon Yubari

Buah Jepang lainnya yang dipanen di pulau Hokkaido, melon Yubari sudah tidak diragukan lagi. Sebab, melon Yubari adalah buah termahal di dunia. Tahun lalu, dua melon Yubari terjual hampir USD 28000 atau Rp400 juta.

7. Jamur Matsutake

Jamur Matsutake (Foto: Wikipedia)
Jamur Matsutake (Foto: Wikipedia)

Jamur matsutake, juga termasuk salah satu makanan termahal di dunia. Sebab, jamur ini sangat langka dan juga mudah rapuh. Jamur ini  tumbuh di Asia dan Eropa Timur, dan harga per ponnya bisa mencapai hingga 1000 USD atau Rp14,2 juta.

8. Pule

Diproduksi dari susu keledai di sebuah peternakan kecil di Serbia, pule adalah keju termahal di dunia. Harganya sebesar USD 1700 atau Rp24 juta per pon. Harganya mahal karena susu keledai sangat sulit diproduksi. Jika seekor sapi menghasilkan sekitar delapan galon susu per hari. Keledai hanya menghasilkan 0,85 cangkir susu setiap hari dan kemudian harus diperah tiga kali sehari agar tidak melukai ambingnya. Untuk melengkapi semuanya, membuat hanya satu pon, diperlukan sedikit lebih dari tiga galon susu keledai.

9. Fugu

Fugu (Foto: Savor Japan)
Fugu (Foto: Savor Japan)

Fugu atau ikan gembung dikenal makanan paling berbahaya di dunia karena konsumsinya bisa berakibat fatal jika tidak disiapkan dengan benar. Selain itu, tidak ada obat untuk racunnya dan berbahaya yang terkait dengan konsumsinya dan ketelitian persiapan. Sehingga, ikan fugu dijual dengan harga tinggi, yakni  USD 200 atau Rp2,8 juta per ikan.

Rekomendasi