Ada yang Berasal dari Indonesia, 7 Ikan Arwana Termahal di Dunia

| 21 Sep 2021 08:05
Ada yang Berasal dari Indonesia, 7 Ikan Arwana Termahal di Dunia
Ikan arwana (Foto: Shopee) termahal

ERA.id - Pandemi memberikan dampak besar untuk perekonomian Indonesia. Ditambah lagi pemberlakuan PPKM yang membuat masyarakat harus berdiam diri di rumah dan membatasi aktivitasnya. Salah satu tren yang tengah dilakukan orang-orang selama pandemi adalah memelihara ikan arwana sebagai peluang bisnis.

Ikan arwana merupakan jenis predator yang menjadi primadona di Indonesia. Ternyata tak hanya di Indonesia saja, ikan arwana juga diminati di mancanegara. Kita harus bangga di Indonesia memiliki jenis arwana terbaik dan termahal di dunia. Penasaran? 7 jenis ikan arwana termahal di dunia, seperti dilansir dari Rangkumania.

1. Brazilian Arwana

Brazilian Arwana (Foto: Shopee)
Brazilian Arwana (Foto: Shopee)

Varian termurah ada brazilian arwana yang berasal dari sungai Amazon. Brazilian Arwana juga merupakan favorit banyak orang untuk dijadikan ikan hias. Brazilian arwana memiliki ukuran panjang dibandingkan ikan jenis arwana lainnya.

Brazilian arwana memiliki 2 varian warna, silver dan black. Perbedaan dua varian warna ini sangat mencolok sangat kecil. Satu lebih terang, dan satu lagi lebih terang. Saat dewasa, warnanya malah sama dan tidak menunjukkan warna mencolok saat masih kecil.

2. Jardini arwana

Jardini arwana (Foto: Bukalapak)
Jardini arwana (Foto: Bukalapak)

Jardini arwana berasal Papua, karena arwana ini banyak sekali ditemukan daerah Papua, Indonesia. Dengan warna hitam menggoda, bintik-bintik mutiara bertaburan di ikan ini, membuat jardini arwana paling favorit di Indonesia. Jardini arwana disebut-sebut paling agresif dari jenis lainnya. Jadi, hati-hati untuk memeliharanya.

3. Green arwana

Green arwana (Foto: kkp.go.id)
Green arwana (Foto: kkp.go.id)

Di Indonesia, green arwana mengalami kebingungan besar mengenai namanya. Karena, para penjual ikan hias di Indonesia memberikan salah pengertian bagi konsumen. Nama yang digunakan para penjual adalah ikan arwana pino, arwana kalimantan, dan arwana golden pino. Disinilah letak kesalahannya, para penjual memberikan nama pada jenis arwana berbeda satu sama lain. Faktanya, ikan ini nama aslinya adalah green arwana.

4. Arwana red banjar

Arwana red banjar (Foto: Tokopedia)
Arwana red banjar (Foto: Tokopedia)

Arwana red banjar adalah satu-satunya yang masa kecilnya mirip dengan super red. Saking miripnya mereka, para penghobi ikan arwana sampai dibuat kebingungan. Namun, ketika sudah memasuki dewasa warnanya mengusap dan ekor arwana red banjar berupa jadi warna kuning. Itulah sebabnya, yellow tail arwana atau arwana ekor kuning.

5. Arwana golden red

Arwana golden red (Foto: Tokopedia)
Arwana golden red (Foto: Tokopedia)

Arwana golden red yang memiliki warna keemasan ditubuhnya dan warna merah pada ekornya. Arwana golden red merupakan warna emas kasta kedua dari saudaranya arwana 24 karat. Hal ini karena arwana golden red tidak memiliki warna full. Jadi, masih ada warna kusam diatasnya. Arwana golden red memiliki banyak peminatnya karena harganya masih terjangkau dan warnanya begitu menggoda.

6. Arwana golden 24 karat

Arwana golden 24 karat (Foto: Tokopedia)
Arwana golden 24 karat (Foto: Tokopedia)

Arwana golden 24 karat, sesuai namanya kita berasa lagi melihat emas batangan 24 karat berenang di air. Warna emas yang begitu menyilaukan mata ini membuat para pecinta arwana ingin memeliharanya. Ikan disebut-sebut ikan kasta pertama dengan warna emas menyelimuti tubuhnya. Jadi, tak heran arwana golden 24 karat menyandang pertama  dan digilai oleh para kolektor.

7. Arwana super red

Arwana super red (Foto: Tokopedia)
Arwana super red (Foto: Tokopedia)

Pertama adalah jenis ikan arwana termahal dan terindah adalah arwana super red dari Indonesia. Tak perlu diragukan lagi, ketika melihat arwana super red ini serasa dihipnotis melihat warna merahnya dari tubuh ikan jenis ini. Kita sebagai warga Indonesia harus berbangga hati memiliki ikan arwana yang diakui dari seluruh dunia sebagai ikan jenis terbaik di dunia. Jadi bangga 'kan sebagai warga negara Indonesia?

Rekomendasi