Waspada, Begini Tahap Perkembangan Penyakit Alzheimer dari Ringan ke Berat

| 23 Sep 2021 07:00
Waspada, Begini Tahap Perkembangan Penyakit Alzheimer dari Ringan ke Berat
Gejala penyakit alzheimer (Foto: Unsplash.com/ stevenhwg)

ERA.id - Pernahkah kamu mendengar mengenai penyakit alzheimer? Alzheimer merupakan penyakit yang menyebabkan kerusakan pada sel-sel otak, di mana penderitanya akan mengalami hilangnya daya pikir dan daya ingat, yang bahkan membuat lupa akan orang-orang terdekat.

Dilansir dari Mayoclinic.org, alzheimer terjadi secara bertahap bertahun-tahun pada setiap penderitanya. Oleh karena itu, tahap awal penyakit ini muncul biasanya tidak akan begitu diketahui penderitanya, karena gejala yang muncul masih begitu ringan.

Untuk pencegahan penyakitnya menjadi lebih parah, ada baiknya kita mengetahui tahap dan gejala alzheimer. Yuk, simak langsung ulasannya berikut ini.

1. Tahap tanpa gejala

Awal munculnya penyakit ini pada seseorang sangat mustahil untuk diketahui. Hal ini lantaran gejalanya yang sangat ringan, bahkan cenderung dianggap angin lalu karena tidak berpengaruh pada kegiatan penderitanya.

Oleh karena itu, untuk melakukan deteksi awal, ada baiknya melakukan pengecekan kesehatan rutin baik untuk diri sendiri maupun keluarga.

2. Gangguan ingatan ringan

Gejala penyakit alzheimer (Foto: Unsplash.com/bruce)

Gejala ringan yang umumnya terjadi pada penderita alzheimer adalah mengalami gangguan ingatan ringan. Penderitanya mulai mengalami kehilangan ingatan akan hal-hal sepele, tetapi masih dalam tahap wajar.

Pada tahap gejala ini, orang juga biasanya mengabaikan karena merasa tidak mengganggu kehidupannya. Namun, jika mengalami gejala ini ada baiknya memeriksakan diri ke rumah sakit.

3. Penurunan fungsi otak dari ringan ke berat

Jika tidak mendapatkan pengobatan, penderita penyakit ini akan secara bertahap mengalami penurunan fungsi otak. Diawali dengan kesusahan mencari kata saat mengobrol atau sering lupa akan nama orang yang baru dikenal.

Kemudian mulai lupa akan cara berhitung, hingga hal apa saja yang baru dikerjakan. Penyakit ini akan masuk ke tahap berat ketika penderita mulai tidak mengenali keluarga atau orang terdekat di hidupnya.

Di tahap itu, penderita harus menjalani perawatan intensif. Dari tahap itu, jika penyakit semakin parah, penderita akan mengalami hilangnya kemampuan untuk melakukan kegiatan sehari-hari, komunikasi, untuk mengenali diri sendiri pun akan sulit, bahkan bisa menyebabkan kematian.

Dengan gejala awal dari ringan ke berat tersebut, ada baiknya kini untuk mulai mengenali tubuh dan rajin memeriksakan kesehatan kamu dan juga orang tersayang. Yuk, waspada dan cegah penyakitnya.

Rekomendasi