Murah Hingga Berpengaruh Besar, 3 Manfaat Promosi Bisnis Lewat Nano Influencer Bagi UMKM

| 28 Sep 2021 19:28
Murah Hingga Berpengaruh Besar, 3 Manfaat Promosi Bisnis Lewat Nano Influencer Bagi UMKM
Manfaat promosi lewat nano influencer (Foto: Unsplash.com/meteus)

ERA.id - Dalam membangung sebuah bisnis, hal yang diperlukan adalah mempromosikan bisnis tersebut agar dikenal luas dan mendapatkan banyak pelanggan. Di zaman yang serba digital, salah satu metode promosi yang banyak diterapkan adalah word of mouth, promosi yang dilakukan sejumlah pihak lewat platform mereka.

Salah satu pihak yang bisa menjadi bagian promosi jenis itu adalah nano influencer, influencer yang memiliki pengikut 1.000 hingga 10.000. Menurut Head of Business: Market Research & Crowdsourcing Marketing Sampingan, Taris Adani, promosi lewat nano influencer sangat efektif karena basis pengikutnya yang berisi teman dan keluarga.

Inilah tiga manfaat yang didapatkan para pemilik UMKM jika melakukan promosi lewat nano influencer, menurut Taris Adani.

1. Lebih mengenal target audience

Manfaat promosi lewat nano influencer (Foto: Unsplash.com/alexander)

Kelebihan nano influencer dibanding jenis influencer lainnya adalah pengikutnya yang masih diisi dengan teman dan keluarga. Ini membuat seorang nano influencer sangat mengenal pengikut atau target audience mereka.

Bahkan tak jarang, sang nano influencer memiliki ketertarikan dengan hal yang sama dengan pengikutnya. Ini membuat influencer nano memiliki basis penggemar yang erat dan saling mendukung satu sama lain.

"Sehingga pelaku usaha termasuk pebisnis UMKM dapat memilih influencer yang memiliki bidang dan minat sesuai dengan produk dan layanan yang ditawarkan," kata Taris.

2. Lebih dekat dengan pengikutnya

Nano influencer juga terkesan lebih dekat dengan para pengikut mereka di media sosial. Nano influencer membangun kedekatan dengan pengikutnya satu persatu sehingga hubungan yang terjalin di antara mereka erat.

Dengan demikian, para pengikut yang kebanyakan keluarga dan teman cenderung meniru dan mempercayai sang influencer karena dianggap relevan dengan kehidupan sehari-hari. Ini pastinya membuat influencer mempromosikan produk lebih efektif karena bisa membuat pengikutnya lebih mudah terpengaruh.

3. Biaya lebih terjangkau

Untuk melakukan promosi pastinya memerlukan biaya yang cukup besar. Namun, nano influencer umumnya tidak memasang harga yang terlalu tinggi untuk jasa endorse. Berbeda dengan macro influencer atau selebriti influencer yang bisa membandrol harga tinggi.

Harga promosi nano influencer lebih bersahabat, terlebih bagi bisnis yang tidak memiliki modal banyak untuk mempromosikan produknya. Meski cenderung murah, hasil yang didapatkan dengan berpromosi lewat nano influencer sangat bagus dan berpengaruh pada bisnis.

Rekomendasi