Tepat Sasaran dan Efektif untuk Promosi, 5 Tren dan Strategi Content Marketing yang Hits di Tahun 2023

| 21 Dec 2022 09:00
Tepat Sasaran dan Efektif untuk Promosi, 5 Tren dan Strategi Content Marketing yang Hits di Tahun 2023
Ilustrasi content marketing (Foto: Freepik/rawpixel.com)

ERA.id - Content marketing adalah teknik pemasaran online dengan mendistibusikan konten yang relevan dan konsisten kepada para audiens. Content marketing memungkinkan brand atau pebisnis menjadi lebih dekat dengan para audience.

Teknik promosi dengan metode content marketing ini tergolong jenis soft-selling. Ketika menjalankan content marketing,  sebaiknya menyediakan konten bermanfaat bagi para audience. Cara ini sangat efektif untuk melakukan promosi.

Dari tahun ke tahun, content marketing selalu menjadi strategi yang populer. Maka dari itu, tentunya nanti akan muncul tren content marketing terbaru di 2023. 

Kira-kira, seperti apa tren pemasaran konten yang bakal meledak pada 2023? Berikut 5 tren dan strategi content marketing di tahun 2023 yang bisa kamu terapkan, dari Cemara Disa Winanda, Head Creative Team Niagahoster melalui acara virtual Media Meet-Up Online Niagahoster, Selasa (20/12/2022).

Acara virtual Media Meet-Up Online Niagahoster (Foto: Dok. Niagahoster)
Acara virtual Media Meet-Up Online Niagahoster (Foto: Dok. Niagahoster)

1. Konten lite-bites

Demi meningkatkan bisnis online, kita bisa menerapkan konten lite-bites. Kita bisa menekankan copywriting yang lucu dan menarik. Hal ini juga menjadi kunci digital marketing yang sukses.

"Copywriting yang ringkas ataupun jenaka adalah kunci," kata Cemara Disa Winanda.

2. Video pendek

Kehadiran video pendek untuk memberikan informasi yang runtut dengan alur cerita dalam waktu singkat. Selain itu, video pendek bisa meningkatkan keingintahuan audience.

"Video pendek bisa memberikan cerita singkat yang disertai like produk yang kita jual. Video pendek merangkum dalam waktu 30-60 detik. Di dalam platform media sosial yang memberikan lewat video pendek bisa melalui (aplikasi) shopping. Video pendek merajai marketing 2023," ujar Cemara.

3. Infografis

Infografis disebut sebagai salah satu konten yang terbukti efektif untuk promosi brand. Manfaat infografis yang paling penting adalah menyajikan informasi yang rumit jadi lebih sederhana. 

"Infografis memberikan fakta-fakta insightful. Bukan fakta ringan, tetapi fakta dapat dibaca dan gampang dipahami, yang berisi kata-kata dua baris atau satu baris," ucap Cemara.

4. Konten kolaborasi dengan influencer

Membuat konten bersama influencer dinilai dapat menjangkau pasar lebih luas dan tepat sasaran. Produk yang akan dipasarkan bisa dikenal hingga seluruh Indonesia, apabila dipromosikan oleh influencer. 

"Mereka berpengaruh dan tepat sasaran secara luas. Jadi, hal ini dapat mengeksplor beranda dan market kita," ujar Cemara.

5. User-generated content

User-generated content adalah salah satu bentuk content marketing di era terkini. User-generated content merupakan berbagai bentuk konten baik tulisan, video, foto, review, dan lainnya yang dibuat oleh seseorang seperti konsumen, pelanggan, atau bahkan followers.

Nantinya, brand tersebut akan menggungah kembali konten yang sudah dibuat oleh orang-orang tersebut di media sosialnya. Untuk beberapa brand, Instagram masih menjadi salah satu sosial media terbesar untuk membuat User-generated content.

"Jadikan brand lebih dekat dan relevan pada customer." kata Cemara.

Rekomendasi