Pelawak Qomar Idap Kanker Usus Stadium 4C, Lelang Lukisan Demi Berobat

| 01 Oct 2021 12:52
Pelawak Qomar Idap Kanker Usus Stadium 4C, Lelang Lukisan Demi Berobat
Pelawak Qomar Kanker (instagram/abah.qomar)

ERA.id - Pelawak Nurul Qomar atau yang biasa dikenal dengan Qomar mengungkap kabar kurang menyenangkan terkait kondisi kesehatannya. Qomar divonsi kanker usus stadium 4C yang bersarang di usus besar dan usus halusnya.

Pelawak yang tergabung dengan grup Empat Sekawan itu mengungkap dirinya baru saja menjalani operasi besar terkait kanker usus besar dan usus halus yang dideritanya.

"Operasi cukup besar, dokter ahli memvonis kanker ganas ada di pencernaan usus besar dan usus halus dan stadium 4C," kata Qomar, dilansir YouTube Populer Seleb, Jumat (1/10/2021).

Lalu, kata Qomar, setelah menjalani operasi besar tersebut, saluran pencernaannya untuk buang air besar pun diubah. Qomar tidak lagi buang air besar melalui anus melainkan lewat lubang stoma.

Pelawak 61 tahun itu lalu mengungkakan gejala awal yang dialaminya sebelum akhirnya divonis mengidap kanker. Menurutnya selama satu bulan dia kesulitan buang air besar hingga perutnya mengeras.

"Satu waktu selama satu bulan itu tidak bisa buang air besar, tidak bisa buang gas. Perutnya mengeras seperti mau pecah," terangnya.

Qomar yang saat itu tidak menyangka bisa divonis mengidap kanker mengaku terkejut. Sebab selama ini dirinya selalu menanamkan pemikiran sehat dan gembira. Dia pun menganggap kondisi kesehatannya tersebut sebagai bentuk dari peristiwa sebab dan akibat.

Sejak mengalami gejala yang mengkhawatirkan, Qomar memutuskan untuk menjalani perawatan intensif secara menyeluruh. Dari hasil uji lab dan pemeriksaan dokter, Qomar dinyatakan kanker stadium 4C akibat faktor genetik.

"Setelah dilakukan pemeriksaan secara seksama scan, rontgen, dan semua proses medical dilalui, Pak Haji ada faktor genetik sudah lama," katanya.

Qomar tak menampik selain faktor genetik dia juga mengakui pola makan yang tidak sehat membuat sel-sel kanker yang di dalam tubuhnya terus tumbuh dan berkembang.

Alhasil Qomar pun harus menjalani kemoterapi untuk mematikan sel-sel kanker yang bersarang di usus besar serta usus halusnya. Namun diakui oleh Qomar biaya untuk menjalankan kemoterapi tidaklah murah. Dia pun berencana untuk melelang seluruh lukisan miliknya demi membiayai pengobatan.  

"Karena kemoterapi kan cukup tinggi biayanya dan saya akan lelang sebagaian lukisan untuk sebagian besar akan saya sumbangkan ke teman-teman yang sama menderita yabg saya rasakan ini," ungkapnya.

Lebih lanjut, Qomar saat ini menerapkan pola hidup sehat dengan tidak mengkonsumsi makanan cepat saji, terutama mi instan. Dia juga dianjutkan untuk mengkonsumsi ayam kampung untuk makanan bercita rasa gurih.

Rekomendasi