6 Makanan Sehat yang Timbulkan Efek Samping Jika Dikonsumsi Secara Berlebihan

| 22 Oct 2021 07:00
6 Makanan Sehat yang Timbulkan Efek Samping Jika Dikonsumsi Secara Berlebihan
Nasi (Foto: Pexels/Airam Dato-on) makanan

ERA.id - Banyak sekali makanan yang memiliki kandungan kaya nutrisi dan memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Sering kali, makanan sehari-hari diasumsikan sebagai makanan sehat dan baik untuk dikonsumsi. Ada banyak pilihan makanan sehat yang bisa dinikmati semua orang.

Namun, ada beberapa makanan sehat yang justru berbalik bisa membahayakan bagi tubuhumu. Jika makanan sehat ini dikonsumsi secara berlebihan, maka bisa berbahaya. Berikut 6 makanan sehat yang timbulkan efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan, seperti dilansir dari Bright Side.

1. Pisang

Pisang (Foto: Pexels/alleksana)
Pisang (Foto: Pexels/alleksana)

Makan terlalu banyak pisang dapat menyebabkan kerusakan gigi. Sama seperti gula, buah ini bisa menghasilkan bakteri perusak gigi yang merusak email gigi. Namun kabar baiknya, jumlah gula dalam pisang kurang pekat. Kamu mungkin juga mengalami sakit kepala karena pisang matang mengandung tyramine yang tinggi yang bisa menjadi pemicu migrain. 2 pisang sehari dianggap jumlah yang sehat.

2. Oat

Jika kamu makan oat secara berlebihan, kemungkinan besar mengalami masalah kembung dan buang air besar. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa gejala sembelit dapat dikurangi secara signifikan dengan menurunkan asupan serat makanan. Terlebih lagi, makan terlalu banyak oat membatasi penyerapan kalsium, magnesium, dan seng. Selain itu, terlalu banyak oat menyebabkan penambahan berat badan, terutama jika kamu menambahkan terlalu banyak topping. 3-6 ons per hari itu sehat, tergantung pada asupan kalori harianmu.

3. Keju

Keju (Foto: Pexels/Tabitha Mort)
Keju (Foto: Pexels/Tabitha Mort)

Porsi besar keju menempatkanmu pada risiko penyakit jantung yang lebih tinggi. Jenis makanan ini tinggi lemak jenuh yang terkenal menyebabkan penyakit jantung koroner. Keju juga sering menyebabkan mulas karena hormon yang disebut cholecystokinin, yang dilepaskan saat makan.

4. Nasi

Meskipun nasi itu enak, sebenarnya kandungan vitaminnya sangat sedikit. Jika kamu makan terlalu banyak nasi, itu dapat menghilangkan semua vitamin lainnya. Hal ini membuat kadar insulin jadi melonjak. Yang paling penting, itu dapat menyebabkan kinerja mental yang lebih buruk karena paparan arsenik tingkat rendah. Norma biasanya sekitar 90 gram beras mentah.

5. Brokoli

Brokoli (Foto: Pexels/Cats Coming)
Brokoli (Foto: Pexels/Cats Coming)

Brokoli mengandung tiosianat yang menyebabkan produksi hormon tiroid berlebihan. Akibatnya, kamu mungkin mengalami kerontokan rambut, wajah kembung, dan konsekuensi lainnya. Brokoli juga dapat menyebabkan hidung tersumbat dan memicu alergi lain, seperti ruam kulit atau gatal-gatal. Sebaiknya hindari mengonsumsi brokoli lebih dari 4 cangkir sehari.

6. Blueberry

Blueberry dapat menurunkan glukosa darah di bawah normal yang berbahaya bagi penderita diabetes. Buah beri juga mengencerkan darah, jadi berhati-hatilah, terutama jika kamu meminum pil apa pun, blueberry dapat mengganggu pengobatan. Kamu mungkin juga merasakan sesak napas atau pernapasan tidak teratur karena blueberry kaya akan vitamin K. Satu cangkir blueberry adalah jumlah yang sehat.

Rekomendasi