Efek Samping Minum Susu Murni yang Harus Kita Ketahui, Apa Saja?

| 06 Dec 2023 06:05
Efek Samping Minum Susu Murni yang Harus Kita Ketahui, Apa Saja?
Ilustrasi susu (Unsplash)

ERA.id - Manfaat susu murni bisa kita peroleh saat mengonsumsinya, sebab susu ini memiliki kandungan nutrisi yang penting, misalnya kalsium, vitamin D, dan protein. Namun, Anda juga harus berhati-hati saat mengonsumsinya, sebab selain manfaatnya, ternyata bisa juga menimbulkan efek samping yang dapat membahayakan kesehatan Anda. Kira-kira apa saja efek samping minum susu murni?

Susu murni merupakan jenis susu yang masih segar dan belum banyak diolah, contohnya melalui pasteurisasi, sehingga nutrisi yang terkandung di dalamnya masih cukup tinggi. Di dalam satu gelas (250 ml) susu murni, terdapat kandungan setidaknya sekitar 150 kalori, 9 gram lemak, 8 gram protein, 300 IU vitamin A, 300 mg kalsium, dan 98 IU  vitamin D.

Ilustrasi susu (Freepik)

Manfaat Susu Murni

Sebelum memutuskan untuk mengonsumsi susu murni, sebaiknya Anda memahami terlebih dulu ragam manfaat dan efek susu murni bagi tubuh. Adapun manfaat yang bisa didapatkan antara lain :

Menjaga kesehatan tulang dan otot

Susu murni mengandung banyak protein, kalsium, dan vitamin D, di mana semua nutrisi tersebut penting dan diperlukan untuk menjaga kekuatan dan kesehatan tulang serta otot. Jika tubuh Anda tercukupi dengan asupan nutrisi tersebut, risiko untuk terkena kerapuhan tulang (osteoporosis) dapat Anda hindari.

Sementara itu, protein yang terkandung dalam susu murni memiliki peran penting untuk menambah massa otot dan juga memperbaiki kerusakan jaringan otot dan tulang.

Menambah energi dan stamina

Susu murni memiliki kandungan cukup kalori, protein, dan lemak yang diolah menjadi energi tubuh. Dengan energi yang cukup, tubuh Anda akan terasa lebih kuat dan memiliki stamina yang cukup untuk berolahraga dan beraktivitas.

Mengurangi risiko penyakit tertentu

Aneka nutrisi pada susu murni diketahui mengandung manfaat untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit tertentu, misalnya sindrom metabolik, resistensi insulin, obesitas, dan kolesterol tinggi. Konsumsi susu murni juga dapat mencegah Anda terjangkit diabetes dan penyakit jantung.

Selain yang sudah disebutkan, susu murni juga dapat memberikan manfaat lain untuk Anda, misalnya mendukung kesuburan, menjaga kesehatan dan kekuatan gigi, dan juga menyehatkan kulit.

Mengendalikan berat badan

Beberapa riset menyimpulkan bahwa konsumsi susu murni menjadi bagian dari diet seimbang dan pola makan sehat dapat membantu mengontrol berat badan.

Dengan mengonsumsi susu, Anda juga akan merasa kenyang lebih lama dan mudah mengontrol nafsu serta porsi makan, sehingga risiko untuk terpapar obesitas pun dapat berkurang.

Namun, hal yang harus diingat bahwa manfaat susu murni ini hanya bisa Anda dapatkan jika Anda juga rutin berolahraga, mengonsumsi makanan bergizi seimbang, dan tidak minum susu secara berlebihan. Jika pola makan Anda kurang sehat atau minum susu terlalu banyak, maka peningkatan berat badan pun dapat terjadi.

Efek Samping Minum Susu Murni yang Harus Diketahui

Walaupun memberikan manfaat, jika dikonsumsi secara berlebihan, susu murni juga bisa memberikan dampak negatif bagi tubuh. Di bawah ini adalah beberapa efek susu murni yang harus diwaspadai:

Alergi susu dan intoleransi laktosa

Efek susu murni ini pada dasarnya tidak hanya terjadi karena konsumsi susu murni, tetapi juga susu yang telah melalui proses pengolahan. Alergi susu terjadi karena reaksi kekebalan tubuh terhadap protein pada susu sapi. Sementara itu, intoleransi laktosa adalah kondisi saat saluran cerna tidak mampu mencerna atau mengolah gula laktosa pada susu sapi ataupun susu kerbau.

Kolesterol tinggi

Salah satu efek negatif susu murni yaitu meningkatkan kolesterol jahat (low density lipoprotein/LDL) dalam tubuh. Hal ini terjadi karena susu murni memiliki kandungan lebih banyak lemak, daripada dengan susu skim atau susu rendah lemak.

Keracunan makanan

Gejala ini merupakan salah satu efek susu murni yang cukup sering terjadi. Susu murni tidak disterilisasi atau dipasteurisasi sehingga susu ini berisiko terkontaminasi bakteri patogen yang membawa penyakit atau keracunan. Saat mengalami keracunan, Anda mungkin mengalami diare, mual, muntah, dan perut kembung.

Gangguan fungsi ginjal

Susu murni yang dikonsumsi secara berlebihan juga dapat mengakibatkan fungsi ginjal terganggu. Jika Anda mengalami gangguan ginjal, hendaknya batasi konsumsi susu untuk membatasi kandungan kalium dan protein di dalam tubuh, sehingga gangguan pada ginjal tidak bertambah parah.

Demikianlah ulasan tentang efek samping minum susu murni yang harus diwaspadai, semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi