Anak Gampang Bad Mood, Ini Solusi Cerdas agar si Kecil Kembali Ceria

| 09 Nov 2021 16:24
Anak Gampang Bad Mood, Ini Solusi Cerdas agar si Kecil Kembali Ceria
Ilustrasi anak (Unsplash/Moses Vega)

ERA.id - Melihat anak dengan suasana hatinya kurang baik atau bad mood, mungkin memjadi pikiran bagi orang tua. Sedih rasanya melihat si kecil murung atau gampang marah. Dalam menghadapi situasi seperti ini, banyak orangtua yang belum bisa mengatasinya. Berbagai cara pun dilakukan agar si buah hati kembali ceria.

Psikolog anak dan keluarga, Pritta Tyas Mangestuti, M.Psi, mengatakan, orangtua perlu tahu apa sih hal yang membuat anak bad mood. Jika mungkin disebabkan ada keinginan anak yang belum bisa dipenuhi, orangtua yang perlu cemas untuk mengembalikan mood anak agar kembali membaik.

Ternyata ada solusi jitu yang bisa dilakukan orang tua agar anak kembali ceria tanpa harus memaksakan situasi dan keadaan untuk memnuhi apa yang anak inginkan. Caranya mudah dan murah, yaitu ajak anak kembali ke dunianya.

"kan salah satu pembicara pada serial webinar Ayo Main IKEA, menyampaikan, ”Bermain adalah solusi yang tepat untuk dapat menjaga mood anak tetap baik," ungkap Pritta Tyas yang juga merupakan Co-Founder @goodenoughparents.id dalam webinar beberapa waktu lalu.

Ia menambahkan, Orang tua memiliki peran penting untuk dapat mengeksplorasi ide bermain supaya si kecil senang.

"Orang tua memiliki peran penting untuk dapat mengeksplorasi ide bermain yang variatif untuk menghibur si Kecil," sambungnya.

Dalam kesempatan yang sama Country Marketing Manager IKEA Indonesia, Dyah Fitrisally mengatakan, pandemi Covid-19 membawa dampak psikologis yang serius pada anak dan orang tua karena harus tinggal di rumah dalam waktu yang cukup lama.

"Untuk itu, Ikea Indonesia menginisiasi kampanye Ayo Main (Let’s Play) bertajuk “Bebas #Mainkan Sesukamu”. Lewat kampanye ini, diharapkan kita semua diingatkan bahwa bermain memiliki manfaat yang signifikan untuk kesehatan mental serta mempererat hubungan anak dengan orang tua," tutupnya.

Rekomendasi