Pentingnya Peningkatan Layanan Akses Air Bersih dan Sanitasi di Masa Pandemi

Tim Editor

Air bersih (Foto: Pexels/Samad Deldar)

ERA.id - Krisis air bersih di Tanah Air bertambah berat di masa pandemi. Ketika air dibutuhkan untuk mendukung pencegahan penularan Covid-19, belum seluruh masyarakat dapat mengakses air bersih, layak, dan aman. Padahal, air berperan penting dalam hidup manusia, termasuk bagi dunia kesehatan.

Kali ini, Coca-Cola Foundation Indonesia didukung The Coca-Cola Foundation bersama USAID, PDAM dan Perkumpulan Arta Jaya hari ini (02/12) mengumumkan inisiatif kerja sama untuk menyediakan akses layanan air bersih bagi masyarakat berpenghasilan rendah di Medan, Sumatera Utara.

Tersedianya akses air bersih yang memadai diharapkan dapat memberdayakan dan meningkatkan taraf hidup masyarakat di kedua daerah tersebut. The Coca-Cola Foundation (lembaga filantropi internasional The Coca-Cola Company) menyediakan pendanaan bagi inisiatif Master Meter.


Sementara Coca-Cola Foundation Indonesia (CCFI) bekerja sama dengan USAID IUWASH PLUS dalam memantau keberhasilan program di wilayah tersebut. Program ini berupaya meningkatkan akses air minum yang aman, sanitasi, dan kebersihan bagi masyarakat yang terpinggirkan.

"Penyediaan akses air, sanitasi dan kebersihan (WASH) merupakan tiga hal mendasar dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. The Coca-Cola Foundation menganggap WASH sebagai prioritas utama untuk mendukung masyarakat berpenghasilan rendah di wilayah terpencil di Indonesia," ungkap Saadia Madsbjerg, Presiden of The Coca-Cola Foundation melalui acara breafing 'Program Penyediaan Akses Air Bersih Melalui Sistem Master Meter di Medan Sumatera Utara pada Kamis (2/12/2021)

"Kami bangga dapat memperluas peran kami dalam memobilisasi sumber daya dan memperkuat hubungan kami dengan para mitra," lanjutnya.

Triyono Prijosoesilo, Ketua Pelaksana Coca-Cola Foundation Indonesia mengaku sangat tim mengapresiasi upaya kerja sama antara Pemerintah, USAID, PDAM Tirtanadi, Perkumpulan Arta Jaya dan masyarakat setempat dalam mendukung upaya mendorong percepatan distribusi penyediaan akses air melalui inisiatif Master Meter.

"Melalui Program Air untuk Masyarakat (Community Water Program) dari Coca-Cola, fasilitas Master Meter diharapkan dapat meningkatkan ketahanan air masyarakat dengan menyediakan solusi perpipaan air bersih bagi warga dan juga memajukan taraf hidup mereka melalui penerapan perilaku hidup bersih," jelas Triyono Prijosoesilo.

Tag: air tanah mata air coca cola pentingnya air bersih

Bagikan: