Kenang Pesan Julia Perez yang Idap Kanker Serviks, Zaskia Adya Mecca Ungkap Pentingnya Vaksin HPV Sejak Dini

| 04 Feb 2022 21:05
Kenang Pesan Julia Perez yang Idap Kanker Serviks, Zaskia Adya Mecca Ungkap Pentingnya Vaksin HPV Sejak Dini
Zaskia Adya Mecca (Foto: Instagram/@zaskiadyamecca)

ERA.id - Kepergian mendiang Julia Perez alias Jupe setelah berjuang melawan kanker serviks masih meninggalkan duka. Dalam rangka memperingati Hari Kanker Sedunia 2022 pada Jumat (4/2/2022), Zaskia Adya Mecca sebagai Duta Cegah Kanker Serviks, mengenang mendiang Julia Perez.

Istri Hanung Bramantyo ini menceritakan bahwa saat itu dirinya sempat menjenguk Julia Perez di masa usianya. Kala itu, mendiang berpesan kepada Zaskia untuk segera divaksinasi Human Papilloma Virus (HPV) untuk mencegah kanker serviks atau leher rahim.

"Aku baru sadar HPV dari jenguk Almarhumah Jupe. Ketika aku datang ke RS, dia bilang 'Zas lo harus awarness ini, dia nanya 'sudah pap smear atau belum? Sudah vaksin atau belum?'" ungkap Zaskia Adya Mecca dalam acara Webinar Hari Kanker Sedunia 2022.

Acara Webinar Hari Kanker Sedunia 2022
Acara Webinar Hari Kanker Sedunia 2022

Lebih lanjut, bintang film Hijab ini awalnya tak tahu seberapa pentingnya bagi perempuan harus divaksin HPV. Ia selalu ingat dengan pesan Julia Perez agar tidak terlambat seperti dirinya. Semenjak saat itu, Zaskia dan anak perempuannya langsung melakukan vaksin HPV.

"Awalnya aku nggak tahu seberapa pentingnya HPV. Dia bilang kasih tahu orang-orang 'ketika gue udh coba berbagai pengobatan, kalau sudah telat ya telat aja.'," katanya.

"Aku punya anak perempuan nggak mau dong kasih investasi, salah satunya adalah investasi kesehatan bisa dengan vaksin," lanjutnya.

Selain itu, perempuan berusia 34 tahun ini juga bersyukur karena anak-anak perempuan minimal usia 9 tahun bisa divaksin HPV. Zaskia Adya Mecca mengatakan lebih baik kanker serviks dicegah dari sekarang dengan vaksin HPV.

"Alhamdulilah, sekarang 9 tahun bisa vaksin HPV. Kenapa betapa pentingnya vaksinnya ini? Tapi aku yang udah pernah ikut webinar merasakan betapa pentingnya vaksin HPV," ucapnya.

"Pertama dari diri sendiri dilindungi dengan vaksin ini. Sekarang anak perempuan jangan disamakan dengan mamaku yang hidup 70-80an. Ternyata kanker serviks sangat mematikan bahkan di nomor satu. Ya kalau bisa vaksin, kenapa nggak dilakukan. Yuk sama-sama sosialisasi dari sekarang," lanjutnya.

Rekomendasi