Tanggapi Soal Menag Bandingkan Toa Masjid dengan Gonggongan Anjing, Mulan Jameela: Suara Azan Dianggap Gangguan, Itu Berlebihan!

| 24 Feb 2022 20:06
Tanggapi Soal Menag Bandingkan Toa Masjid dengan Gonggongan Anjing, Mulan Jameela: Suara Azan Dianggap Gangguan, Itu Berlebihan!
Mulan Jameela (Foto: Instagram/@mulanjameela1)

ERA.id - Pernyataan Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas yang membandingkan pembatasan suara toa di masjid maupun mushola terkait azan dengan gonggongan anjing menuai polemik.

Yaqut mengatakan penggunaan pengeras suara masjid dan musala adalah kebutuhan bagi umat Islam sebagai salah satu media syiar Islam. Maka dari itu, ia berniat menertibkan penggunaan pengeras suara masjid atau toa masjid. Akibatnya, aturan ini menuai kontroversi.

Aturan ini ditanggapi oleh penyanyi sekaligus anggota DPR RI, Mulan Jameela. Istri Ahmad Dhani ini merasa jika Yaqut menganggap suara adzan sebagai gangguan sangatlah berlebihan. Menurutnya, suara adzan begitu indah untuk didengarkan.

"Bismillahirrahmanirrahim *ADZAN* By Sufmi dasco Ahmad Ketua Harian DPP Gerindra. Jika suara adzan dianggap sebagai gangguan, saya fikir itu berlebihan ya," tulis Mulan Jameela di Instagram pribadinya.

"Karena, suara adzan yg begitu indah dan bermakna menjadi semacam budaya di Indonesia, dikumandangkan dari mesjid dan mushola sebanyak 5 kali sehari dengan durasi 1 hingga 3 menit tentunya tidak bisa disamakan dengan suara apa saja, apa lagi dianggap sebagai suara yang menganggu," lanjutnya.

Lebih lanjut, pelantun lagu "Wonder Woman" ini juga mengatakan azan masuk dalam kategori kearifan lokal dan cagar budaya. Maka dari itu, hal tersebut patut untuk dilestarikan. Ia juga meminta agar masyarakat Indonesia saling toleransi.

"Bahkan, suara adzan yg mengingatkan dan memanggil ummat muslim untuk sholat dapat dikategorikan sebagai kearifan dan cagar budaya dalam hidup bertoleransi antar ummat beragama di Indonesia," ungkapnya.

"Untuk itu, ditengah keberagaman yang kita miliki, saya mengajak kepada semua pihak untuk memaknai toleransi dengan baik. Mari kita pertebal semangat persatuan, saling menghormati dan saling menghargai sesama anak bangsa dan juga antar umat beragama," tambahnya.

Unggahan itu dibanjiri respon netizen. Mereka sangat setuju dengan pernyataan dari Mulan Jameela mengenai Menag membandingkan toa Masjid dengan gonggongan anjing.

"Setuju banget teteh," tulis akun @dhea_****

"Suara adzan yang mengalun indah syahdu bikin adem di hati, yang ganggu apa yaa" kata akun @vakeri****

"Betul banget itu buk. Malah kalau bisa di tambah pengeras suaranya. Munkin bapak itu dapat masukkan dari tetangga nya yang non muslim." lanjut akun @risma****

Tags :
Rekomendasi