Tinggalkan Status Putri Jepang, Begini Kehidupan Mako Komuro Jadi Sukarelawan di Museum Tanpa Digaji

| 13 Apr 2022 08:02
Tinggalkan Status Putri Jepang, Begini Kehidupan Mako Komuro Jadi Sukarelawan di Museum Tanpa Digaji
Mantan Putri Jepang Mako Kemuro (Dok: YouTube/Kyodo News)

ERA.id - Mantan putri Jepang, Mako Komuro dikabarkan telah mendapat pekerjaan baru setelah melepas status kebangsawanannya. Mako dikabarkan bekerja tanpa upah sebagai sukarelawan di Metropolitan Museum of Art, di New York tanpa menerima bayaran.

Menurut laporan Japan Times, Mako Komuro bekerja sebagai sukarelawan yang secara khusus terlibat dalam mempersiapkan pameran lukisan yang terinspirasi oleh kehidupan seorang biksu abad ke-13 yang melakukan perjalanan ke seluruh Jepang saat ia memperkenalkan agama Buddha.

Mako disebut memenuhi syarat untuk menjalani pekerjaan tersebut lantaran dia merupakan lulusan Universitas Kristen Internasional dengan gelar di bidang seni dan warisan budaya. Selain itu, dia juga belajar sejarah seni di Scoutland's University of Edinburg sebelum menerima gelar master di Art Museum and Gallery Studies pada 2016 di University of Leicester.

"Dia memenuhi syarat dan mungkin menangani bagian-bagian dalam koleksi. Secara umum, ini adalah pekerjaan yang membutuhkan banyak persiapan dan seringkali berarti menghabiskan banyak waktu di perpustakaan," kata seorang mantan kurator Met Museum, dikutip People, Selasa (12/4/2022).

Mako merupakan putri tertua dari Putra Mahkota Akishino. Dia memutuskan untuk bertunangan dengan Kei Komuro di tahun 2013. Pasangan itu pertama kali mengumumkan rencana pernikahan pada September 2017.

Namun sayangnya rencana itu dibatalkan menyusul perselisihan uang antara ibu Komuro dan mantan tunangannya terkait pembiayaan pendidikan Komuro.

Pada Oktober, mereka akhirnya memutuskan untuk menikah tanpa pemberitahuan sebelumnya. Mako pun harus rela kehilangan gelar bangsawannya dan pindah ke Amerika Serikat bersama suaminya.

Kabarnya pengantin baru itu tinggal di sebuah apartemen di lingkungan Hell's Kitchen Manhattan. Hunian itu diketahui merupakan kawasan mewah yang disewa seharga 4.809 dolar (Rp69 juta) per bulan. Sementara itu, Kei bekerja  di sebuah firma hukum di New York jauh sebelum dia menikahi Mako.

Rekomendasi