Menjelang Lebaran, Intip Tren Dekorasi Japandi Style di Rumah Ciptakan Kesan Luas dan Bersih

| 20 Apr 2022 08:12
Menjelang Lebaran, Intip Tren Dekorasi Japandi Style di Rumah Ciptakan Kesan Luas dan Bersih
Ruang tamu (Foto: Pexels/Pixabay)

ERA.id - Tak hanya membersihkan rumah, menjelang Ramadan dan Lebaran biasanya umat Muslim disibukkan dengan menyiapkan dekorasi baru untuk mempercantik rumahnya. Mulai mengubah tampilan tembok hingga menambahkan aksesoris atau parabotan rumah. Maka dari itu, kamu harus mengikuti tren derokasi agar penampilan rumah lebih cantik.

Saat ini, tren dekorasi yang lagi hits adalah japandi style. Hal ini membuat ukuran hunian jadi lebih besar, memukau dan luas. Selain itu, penataan dan peletakan perabotan harus tepat. Japandi style juga masih banyak dipakai karena meminimalisir pengeluaran, tetapi membuat rumah terlihat mewah.

"Dalam menata ruangan sesuai tren, perlu memperhatikan layout ruangan dan sumber pencahayaan. Selain itu, tantangan mendekorasi rumah adalah space dan styling. Tahun ini, Japandi style masih populer di kalangan interior design enthusiasts di Indonesia," ujar Mima Anisakusuma, Owner Hōmu Living dan Founder Artsy Living & Style dalam acara virtual Media Briefing: Maximizing Your Tiny House into a Bigger Space pada Senin (19/4/2022).

Media Briefing: Maximizing Your Tiny House into a Bigger Space
Media Briefing: Maximizing Your Tiny House into a Bigger Space

Untuk mendapatkan konsep Japandi di rumah, kamu dapat memulai dari pemilihan warna dengan menggunakan palet warna light tone. Dengan menggunakan warna putih, beige, krem, hingga abu-abu muda, Anda dapat menciptakan kesan luas dan bersih dalam ruangan yang terbatas.

"Ciri khas dari Japandi adalah dengan menggunakan perabotan yang multifungsi. Selain meminimalisir budget, Anda juga dapat mengurangi space yang digunakan dalam ruangan," ucap Mima.

Selain penataan ulang letak perabotan, dekorasi dan pemilihan warna, aspek pencahayaan juga merupakan salah satu elemen penting yang seringkali terlupakan oleh pemilik properti. Padahal, pemilihan dan peletakan sumber pencahayaan yang sesuai dapat memberi kesan ruangan yang kuat dan besar dalam ukuran ruangan yang terbatas.

Mima menjelaskan pencahayaan memiliki peranan sangat penting dalam memaksimalkan tampilan ruangan yang terbatas. Dengan menggunakan pencahayaan yang tepat, sudut-sudut gelap dan area dalam ruangan yang kurang penerangan akan terlihat lebih terang, sehingga menghilangkan kesan ruangan tertutup dan sempit.

"Terdapat beberapa jenis lampu yang dapat digunakan untuk memberikan ilusi visual yang membangun dimensi ruang menjadi lebih luas, misalnya dengan memadukan lebih dari satu LED spotlight, LED strip, atau lampu panel berwarna warm white dengan suhu warna minimal 3000k. Terakhir, dapat menambahkan cermin dan karpet untuk menciptakan ilusi visual sehingga dapat membangun dimensi ruangan yang lebih luas." tuturnya.

Rekomendasi