Dapat Dukungan dari Klub, Pemain Sepak Bola Inggris Umumkan Keputusan Jadi Gay

Tim Editor

Jake Daniels, pemain Blackpool FC (instagram/officialjakedaniels)

ERA.id - Pemain sepak bola profesional Inggris, Jake Daniels, secara resmi mengumumkan dirinya sebagai penyuka sesama jenis atau gay. Kabar ini pun dibenarkan oleh pihak klub Blackpool FC yang menaungi dirinya.

Melalui sebuah pernyataan resmi yang dikeluarkan oleh Blackpool FC, Jake Daniles mengungkap dirinya adalah seorang gay. Dia mengaku sejak awal sudah menyadari dirinya adalah penyuka sesama jenis.

"Saya sudah tahu sepanjang hidup saya bahwa saya gay, dan sekarang saya merasa bahwa saya siap untuk keluar dan menjadi diri saya sendiri," kata Jake Daniles, dikutip CNN, Jumat (20/5/2022).


Pengakuan Daniels sebagai gay ini merupakan yang pertama kalinya muncul di Inggris dalam 30 tahun terakhir. Dia pun tercatat sebagai pemain profesional pertama gay sepanjang sejarah itu.

Meski pun akhirnya harus mengumumkan dirinya sebagai penyuka sesama jenis, Daniels mengaku ia mendapat banyak dukungan dari keluarga hingga klubnya.

"Dalam mencapai titik ini, saya mendapat beberapa dukungan dan saran terbaik dari keluarga saya, Klub saya, agen saya, dan Stonewall, yang semuanya sangat proaktif dalam mengutamakan kepentingan dan kesejahteraan saya," ungkapnya.



Selain itu, kata Daniels, ia juga telah menceritakan tentang kondisinya kepada rekan satu tim di Blackpool FC. Menurutnya rekan-rekan satu timnya mendukung dan menerima keputusan Daniels yang berani keluar sebagai gay.

"Saya juga menceritakan kepada rekan satu tim saya di tim yunior di sini di Blackpool, dan mereka juga telah menerima berita itu dan mendukung keputusan saya untuk membuka diri dan memberi tahu orang-orang," tegasnya.

Pada surat terakhirnya Daniels mengungkap bahwa ia benci harus berbohong sepanjang hidupnya tentang apa yang ia rasakan. Ia pun berharap dirinya bisa menjadi panutan usai mengumumkan ke publik tentang seksualitasnya.

"Saya benci berbohong sepanjang hidup saya dan merasa perlu berubah untuk menyesuaikan diri. Saya sendiri ingin menjadi panutan dengan melakukan ini," tutupnya.

Jack Daniels diketahui menandatangani kontrak profesional dengan Blackpool FC pada Februari. Ia tercatat telah mencetak 30 gol untuk tim junior Blackpool dan memimpin tim masuk ke perempat final FA Youth Cup, di mana ia mencetak gol untuk kemenangan timnya melawan tim junior Chelsea.

Sementara itu, pihak klub menegaskan tidak mempermasalahkan keputusan Jake Daniels untuk keluar sebagai pria penyuka sesama jenis. Klub justru bangga dengan keputusan Daniels yang berani terbuka kepada publik.

"Klub Sepak Bola Blackpool telah bekerja sama dengan Stonewall dan organisasi sepak bola terkait untuk mendukung Jake dan sangat bangga bahwa dia telah mencapai tahap di mana dia diberdayakan untuk mengekspresikan dirinya baik di dalam maupun di luar lapangan," kata klub itu dalam sebuah pernyataan.

Di sisi lain kelompok advokasi LGBTQ Inggris, Stonewall mengatakan bahwa Daniels adalah pemain profesional pertama yang muncul di Inggris dalam 30 tahun terakhir sebagai gay. Kelompok itu juga turut bangga dengan keputusan Daniels yang tergolong berani untuk mengungkapkan hal tersebut.

"Kami bangga Jake merasa mampu membagikan kebenarannya kepada dunia. Untuk tampil secara terbuka sebagai pemain gay pertama dalam sepak bola profesional pria di Inggris dalam 30 tahun terakhir membutuhkan keberanian. Kami merasa terhormat untuk mendukungnya!" ucap kelompok itu.



Tag: pemain bola inggris gay blackpool fc jake daniels pemain inggris gay

Bagikan: