Aurel Hermansyah Sering Posting Foto Ameena, Tasyi Athasyia Ingatkan Bahaya Penyakit Ain, Apa Itu?

Tim Editor

Tasyi Athasyia dan Aurel Hermansyah (Instagram)

ERA.id - Konten kreator Tasyi Athasyia memberi peringatan keras ke Aurel Hermansyah tentang bahaya penyakit ain yang mengintai putrinya, Ameena Hanna Nur Atta. Penyakit ain ini mengintai Ameena lantaran Aurel sering membagikan potret putrinya di media sosial.

Peringatan ini disampaikan oleh Tasyi Athasyia dalam podcast terbarunya di akun YouTube-nya. Dalam video itu, Tasyi mengatakan bahaya ain bisa menimpa Ameena akibat sikap Aurel yang kurang berhati-hati.

“Kalau orang Arab itu, ada yang namanya kena ain. Nih dengerin, yang penting pas mau upload, tulis aja Masyaallah entah dicaptionnya atau dimana aja setiap ada muka Ameena," kata Tasyi Athasyia, Rabu (25/5/2022).


Tasyi lantas menjelaskan bahwa penyakit ain itu bisa datang dari rasa kagum seseorang atas sesuatu. Namun kekaguman itu tidak dibarengi dengan rasa syukur terhadap sang Pencipa.

Bukan hanya itu saja, Tasyi juga mengingatkan Aurel tentang penyakit ain dalam sudut pandang agama Islam. Di mana menurut pengetahuan Tasyi, 2/3 umat Rasullullah meninggal dunia akibat ain dan lebih sering menimpa anak di bawah satu tahun.

“Kalau kata Rasullah itu, dua per tiga umatku, itu meninggal karena penyakit Ain, jadi Ain itu bisa tiba-tiba orang tipes, atau apa bisa semua” jelasnya.

Istri Atta Halilintar itu pun mengaku bahwa dirinya sempat diberi sebuah buku bacaan yang berisikan kumpulan doa dan zikir dari Laudya Cynthia Bella. Kala itu Bella juga turut mengingatkan Aurel tentang bahaya penyakit ain dan meminta Aurel untuk terus membacakan ke Ameena.

Di sisi lain Tasyi kembali mengingatkan Aurel agar terus menyebut asma Allah setiap membagikan foto maupun video putrinya. Tasyi juga mengingatkan penyakit ain itu bisa datang dari diri sendiri, bukan orang lain

“Kadang Ain itu bukan dari luar, bisa dari ibunya sendiri, misal lo kagum sama anak lo, tapi lo lupa tuh pakai Masya Allah," ucap Tasyi yang dijawab anggukan oleh Aurel.

Lantas, apa Itu penyakit ain?

Melansir dari laman NU Online, Ain adalah  kekuatan negatif yang berasal dari pandangan seseorang yang disertai rasa kagum atau rasa dengki pada orang lain yang dapat membahayakan orang tersebut.

Penyakit atau gangguan yang disebabkan pandangan mata, atau familiar disebut dengan penyakit ain memang tidak bisa dianggap sepele.

Rasulullah SAW pernah bersabda:

“Ain itu benar-benar ada! Andaikan ada sesuatu yang bisa mendahului takdir, sungguh ‘ain itu yang bisa.” (HR. Muslim no. 2188).

Efek dari pandangan ain itu sendiri bermacam-macam seperti bisa membuat orang yang dipandangnya sakit, celaka, hingga bisa menyebabkan kematian.

Dalam Hadist Riwayat Muslim, Rasulullah SAW bersabda, “Mata jahat itu nyata, dan jika ada sesuatu yang melampaui ketetapan Ilahi (Al-Qadar) itu akan menjadi mata jahat.” (HR. Muslim No.2188).

Selain itu, dalam hadist lain Rasulullah SAW juga pernah bersabda, “Sebab paling banyak yang menyebabkan kematian pada umatku setelah takdir Allah adalah ‘ain.“ (HR. Al Bazaar dalam Kasyul Astar 3/404, dihasankan oleh Al Albani dalam Shahih Al Jami’ No.2195)

Meski pun dinilai berbahaya, dalam laman NU juga disebutkan pandangan seseorang yang disertai rasa kagum dan dengki tidak sepenuhnya berbahaya. Hal ini lantaran ain hanya dimiliki oleh orang-orang tertentu dengan adanya kriteria tertentu.

Tag: Tasyi Athasyia aurel hermansyah Ameena Hanna Nur Atta ain penyakit ain

Bagikan: