Sempat Disangka Hoaks, Eril Putra Ridwan Kamil Dikabarkan Selamat, Benarkah?

| 09 Jun 2022 15:40
Emmeril Kahn Mumtaz atau Eril anak dari Ridwan Kamil (Instagram)

ERA.id - Pencarian Emmeril Kahn Mumtaz atau Eril anak dari Ridwan Kamil hingga saat ini masih terus dilakukan. Berdasarkan laporan dari KBRI Swiss tim SAR belum berhenti melakukan pencarian.

Di tengah pencarian yang masi berlangsung sempat muncul sebuah video di YouTube yang menyebut Eril anak dari Ridwan Kamil telah ditemukan.
Eril yang hilang di Sungai Aare Swiss disebut telah ditemukan dalam keadaan selamat oleh tim SAR.

Video yan diunggah pada Selasa (7/6/2022) di YouTube dengan nama akun Gudang Infomenulis judul Detik-detik Eril Kamil Ditemukan Dalam Keadaan Amnesia'.

Tak hanya itu, akun lain juga mengunggah video yang menyebutkan Ridwan Kamil langsung terbang ke Swiss setelah mengetahui Eril selamat.

"Mendengar kabar anaknya berhasil diselamatkan Ridwan Kamil langsung terbang ke Swiss," isi tulisan pada video lain.

Emmeril Kahn Mumtaz atau Eril anak dari Ridwan Kamil (Instagram)

Meski sangat mengejutkan, kabar itu pun tak bisa langsung dipercaya. Netizen menduga itu hanya kabar hoaks.

Untuk membuktikan benar atau tidaknya kabar tersebut, tim Era.id mencoba menelusuri. Mengutip beberapa media video yang dibagikan di YouTube tersebut adalah kabar bohong atau hoaks.
Hal ini lantaran isi dalam video tersebut sangat berbeda dengan judul yang tertera pada awal video.

Selain, kabar ini juga terbukti hoaks, karena berdasarkan laporan KBRI Swiss, pihak kepolisian Bern masih terus melakukan pencarian Eril.

Penyisiran sungai Aare sudah dilakukan sejauh 30 kilometer. Proses pencarian Eril pun mengalami kendala lantaran cuaca di Bern yang tidak menentu.

"Metode pencarian setiap hari disesuaikan dengan kondisi Sungai Aare yang selalu berubah sesuai perkembangan cuaca. Perubahan metode ini juga selalu memperhatikan aspek keselamatan seluruh petugas yang terlibat pada misi pencarian," pernyataan KBRI Bern, dikutip Rabu (8/6/2022).

Rekomendasi