Bisa Dijual dengan Harga Tinggi, Tips Memanfaatkan Kain yang Tak Terpakai Ala Chitra Subyakto

| 09 Jul 2022 06:05
Bisa Dijual dengan Harga Tinggi, Tips Memanfaatkan Kain yang Tak Terpakai Ala Chitra Subyakto
Chitra Subyakto (Foto: Instagram/@chitras)

ERA.id - Kain tak terpakai biasanya sering dibiarkan begitu saja, karena dianggap sebagai sampah. Padahal, kain dapat disulap menjadi benda yang berdaya seni. Bahkan, tak memungkinkan kain bisa disulap menjadi benda berdaya seni dan bisa dijual dengan nilai tinggi.

Selain itu, kain juga memiliki motif dan keunikan yang memukau jika dipadukan dengan bahan lain. Namun, banyak yang bingung menyulap kain tak terpakai menjadi sebuah produk yang bermanfaat.

Kali ini, Chitra Subyakto sebagai desainer sekaligus pendiri Sejauh Mata Memandang memberikan ide untuk memanfaatkan kain perca yang tak terpakai menjadi produk bermanfaat.

"Kota menggunakan bahan-bahan dari kain perca biar bisa digunakan baru, tapi ada juga recycle," ujar Chitra Subyakto melalui acara virtual Sejauh Mata Memandang pada Jumat (8/7/2022).

Acara virtual Sejauh Mata Memandang
Acara virtual Sejauh Mata Memandang

Tak hanya kain perca, kaos yang tak terpakai bisa dimanfaatkan untuk kantung belanja, sarung bantal hingga jadi mainan untuk hewan peliharaan.

"Saya pribadi, ada kaos itu biasa dipakai lagi untuk kantung belanja. Jadi, bagian tangannya dipotong, bagian bawahnya dijahit dan (sisa tangan) bisa dijadiin pegangan atau bisa juga jadi sarung bantal. Bisa juga buat mainan atau baju peliharan," jelasnya.

"Saya berusaha menempel atau menjahit ulang. Kalau kancing copot, kan suka malas (jahit kembali). Diusahakan diganti lagi dengan memakai warna beda-beda biar menarik atau lucu," lanjutnya.

Chitra membeberkan tips mengubur pakaian atau kain yang sudah tidak terpakai lagi. Ia mengatakan pakaian dapat terurai kembali di tanah karena tak mengandung poliester.

"Pakaian sudah nggak terpakai lagi, bisa ditanam di tanah. Dia akan terurai dengan sendirinya. Karena dia tidak mengandung poliester," paparnya.

Chitra dan pihak Sejauh Mata Memandang sudah memiliki target mengumpulkan dan mengolah pakaian-pakaian bekas. Bahkan, pakaian bekas itu bisa digunakan untuk penyekat ruangan hingga peredam suara.

"Kami buat program pengumpulan baju bekas. Itu ada di highlights akun Instagram @sejauh_mata_memandang. Kami mengumpulkan baju daur ulang, diproses menjadi benang dan kain baru. Bisa juga diproses jadi penyekat ruangan, peredam suara." tuturnya.

Rekomendasi