Bikin Podcast Tentang Isu Lingkungan, Jadi Tantangan agar Bisa Didengar Semua Kalangan

| 17 Apr 2022 20:57
Bikin Podcast Tentang Isu Lingkungan, Jadi Tantangan agar Bisa Didengar Semua Kalangan
Dok. Anda/era.id

ERA.id - Keberadaan podcast, belakangan ini mulai digandrungi oleh anak muda. Mulai podcast tentang kisah-kisah cinta, sampai podcast yang membahas tentang gosip, selalu digandrungi oleh semua kalangan. Tapi, bagaimana dengan podcast yang membahas tentang isu lingkungan?

Pada diskusi tentang Peran Podcast dalam Pengarusutamaan Isu Lingkungan yang digelar oleh Bumi dan Manusia. Pradipta Dirgantara, Dosen Prodi Ilmu Komunikasi, Telkom University, mengatakan Podcast yang notabene membahas isu lingkungan, memiliki tantangan tersendiri, pasalnya isi dari podcast terbilang rumit dan butuh pengemasan yang menarik agar bisa diterima.

"Untuk menyajikan podcast yang membahas tentang lingkugan yang bisa diterima, pertama-tama sebisa mungkin kita menyampaikan isu lingkungan dengan bahasa yang sederhana sehingga pesan yang disampaikan bisa dipahami oleh pendengar," paparnya dalam diskusi tersebut, sabtu (16/4/2022).

Untuk itu, strategi agar pendengar podcast bisa aware dengan isu lingkungan, podcast yang membahas isu yang ada disekitar manusia, misalnya sadar untuk memilah sampah, sadar untuk menanam pohon atau bagaimana menggunakan listrik sesuai dengan kebutuhan agar tidak boros.

Sebagai pendidik dan juga salah satu founder dari podcast Bumi dan Manusia, Pradipta melihat, permasalahan sampah masih banyak yang tidak memahami dampak bahayanya.

Menambahkan paparan tentang podcast terhadap isu lingkungan, Rizky Ramadhan, Co-founder POdcast Bumi dan Manusia, menjelaskan isi dari podcast dipastikan bisa mengedukasi, karena sangat dekat dengan lingkungan sehari-hari.

"Dalam podcast kami, nilai edukasi yang ingin disampai mengenai isu lingkungan sangat banyak, karena sangat dekat dengan lngkungan sekitar kita, bukan hanya sampah, tapi bagaimana kita menjaga lingkungan agar air tetap bersih, kemudian apa saja upaya yang bisa dilakukan agar kita menciptakan lingkungan yang bebas polusi dan memahami apa yang akan terjadi apabila tidak bisa hemat dalam penggunaan listrik,"ungkapnya.

Rizky berharap, podcast-podcast yang membahas isu lingkungan bisa diterima, agar Gen-Z mulai peduli terhadap pelestarian lingkungan sehingga bisa mengontrol gaya hidup yang mengakibatkan kerusakan lingkungan.

Rekomendasi