Tren Podcast di Indonesia Terus Meningkat, Oki Rengga Winata: Harus Punya Ciri Khas

| 06 Sep 2024 07:25
Tren Podcast di Indonesia Terus Meningkat, Oki Rengga Winata: Harus Punya Ciri Khas
Tren podcast di Indonesia (Adelia Hutasoit)

ERA.id - Komedian sekaligus anggota podcast Agak Laen, Oki Rengga Winata memberikan tanggapan mengenai fenomena tren podcast di Indonesia yang kian meningkat.

Podcast "Agak Laen" memang selalu banyak ditonton dan didengar oleh para penonton. Konten yang dibuat mereka selalu menembus jutaan audience. 

Tak hanya Oki Rengga Winata, anggota podcast Agak Laen antara lain Bene Dion, Boris Bokir dan Indra Jegel. Berawal dari podcast, mereka juga bermain film berjudul Agak Laen. Bahkan, film itu berhasil memperoleh 9,1 juta penonton di hari ke-74 penayangan.

Oki Rengga Winata memberikan tips bagi orang-orang yang ingin memulai podcast. Menurutnya, orang tersebut tidak perlu mengikuti podcast yang sedang ramai atau viral. Tetapi, podcast yang dibuat harus fresh dan punya ciri khas. 

"Nggak harus mengikuti apa yg lagi ramai sekarang. Karena punya ciri khas, menarik itu bakal diingat sama pendengar kita. Jadi, nggak usah diikutin," jelasnya, saat ditemui di kawasan Gatot Subroto, Kuningan, Jakarta pada Kamis (5/9).

Menurutnya, jika seseorang membuat podcast mengikuti orang lain, maka nantinya netizen akan membandingkan. Selain itu, podcaster harus bisa membuat para penonton menarik untuk menontonnya. 

"Bahkan kalau diikutin, nanti jadinya dibanding-bandingin nantinya. Kalau bisa paling penting buat menarik supaya bisa didengar orang," imbuhnya. 

"Kalau menarik enak untuk diikutin sama orang. Kalau ngikutin komedi, ada podcast daerah banyak, nggak enak nanti jadi dibanding-bandingin. Jadi isu bisa dibahas, tapi dengan ciri khas dan penyampaian  harus benar-benar beda dengan yang lain." 

Rekomendasi