VAR Akan Digunakan di Laga Supercopa de Espana

| 10 Aug 2018 16:22
VAR Akan Digunakan di Laga Supercopa de Espana
Ilustrasi VAR (Twitter @Odi_Mabape)
Madrid, era.id - Federasi Sepak bola Spanyol (RFEF) mengonfirmasi, Video Assistant Referee (VAR) akan digunakan selama pertandingan Supercopa de Espana anatara Barcelona kontra Sevilla di Tangier pada Minggu (12/8/2018).

Ini adalah kali pertama teknologi tersebut digunakan di sepak bola Spanyol, dan akan sangat menarik melihat bagaimana alat ini bekerja ketika kedua tim berhadapan.

Sebuah pernyataan dari RFEF mengatakan, mereka telah menerima otorisasi dari Dewan Asosiasi Sepak bola Internasional (IFAB) untuk menggunakan VAR dan kedua klub sepakat.

VAR digunakan dengan berbagai tingkat keberhasilan di Piala Dunia 2018 dan akan digunakan di La Liga pada musim ini. RFEF mengonfirmasi, para wasit telah melaksanakan program pelatihan intensif agar siap menggunakan sistem baru untuk awal musim. 

Penggunaan teknologi VAR masih menjadi perdebatan di kalangan tokoh sepak bola. Pasalnya, peran wasit sebagai pengadil dianggap tidak mutlak lagi lantaran diambil alih oleh mesin. VAR dianggap 'membunuh' sepak bola. 

Setelah diujicobakan pada Piala Konfederasi 2017 yang digelar di Rusia, VAR akhirnya digunakan secara resmi sejak laga pembuka Piala Dunia 2018 antara Rusia kontra Arab Saudi.

Direktur Perwasitan FIFA Massimo Busacca mengakui, VAR bukanlah teknologi yang sempurna. Tapi ia yakin VAR bisa membantu mengurangi kontroversi dan juga bisa membantu mengurangi tekanan kepada wasit yang sangat besar.

Baca Juga : Dilema Penggunaan Teknologi VAR pada Piala Dunia

 

Rekomendasi