Jokowi Bukan Johnny Blaze, Wajar Pakai Stuntman

| 20 Aug 2018 14:29
Jokowi Bukan Johnny Blaze,  Wajar Pakai <i>Stuntman</i>
(Foto: Twitter @Jokowi)
Jakarta, era.id - Hakikat sebuah pertunjukan adalah menyeimbangkan porsi hiburan dengan rasa. Ketika tim kreatif pembukaan Asian Games 2018 membuat sebuah konsep 'tak lazim' seperti saat Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengendarai motor dengan segala atraksinya, mereka pasti sudah memikirkan dua aspek tersebut. 

Di luar apakah Jokowi menggunakan stuntman atau tidak, sepertinya menjadi kurang penting ketika kemasan itu berhasil membuat penonton berdecak kagum. Apalagi secara keseluruhan, kemasan pesta pembukaan Asian Games ini masuk kategori 'super keren'. Sangat menghibur dan membanggakan Indonesia sebagai tuan rumah. 

Berbicara tentang stuntman, apa sih defininisnya? Menurut Wikipedia, stuntman atau pemeran pengganti adalah seseorang yang menggantikan aktor/aktris utama dalam suatu adegan berbahaya. Tapi, meski terlihat berbahaya, sebenarnya sudah diperhitungkan dengan baik sehingga kalaupun terjadi kecelakaan maka yang dialami adalah luka-luka kecil.

Baca juga: Kisah Pelancong yang Antiklimaks di Senayan

Memang, ada risiko yang lebih besar ketika seorang pemeran pengganti kelewat nekat. Tidak jarang ada yang meninggal dunia saat melakukan pengambilan gambar menggantikan sang aktor utama. Seperti Harry L O’Connor misalnya. Ia merupakan pemeran pengganti untuk aksi-aksi gila Vin Diesel dalam film xXx yang dirilis pada 2002 lalu. Saat Harry melakukan aksi terjun payung setelah melompat dari mobilnya yang berada di atas jembatan, embusan angin yang cukup kencang membuat Harry menabrak jembatan dengan keras dan ia tewas di tempat. 

Atau John Bernecker, yang dikenal sebagai salah satu pemeran pengganti dalam serial televisi The Walking Dead. Diharuskan melompat dari balkon setinggi lebih dari enam meter dan menjatuhkan diri di atas matras tebal dan empuk, John malah mendarat di permukaan yang keras. Alhasil, kepala John terbentur dan ia meninggal dunia setelah menjalani perawatan instensif di rumah sakit.

Baca juga: Melihat dengan Akal Sehat Lip Sync Via Vallen

Atau mungkin di film Marvel yang paling baru, Deadpool 2. Joi ‘SJ’ Harris, pengganti aktris Zazie Beetz yang menjadi Domino diharuskan mengendarai motor tanpa helm dalam sebuah adegan. Namun kejadian itu berakibat fatal ketika mantan pebalap profesional itu kehilangan kontrol atas motornya dan menabrak hingga tewas. Padahal, ia baru pertama menjadi pemeran pengganti dalam film. 

Kita juga tahu, aktor Jackie Chan selalu berusaha melakukan aksi laga sendiri tanpa bantuan pemeran pengganti. Jackie bahkan sempat dikatakan gila karena berani melakukan adegan lompat dari balon udara dan mengendarai sepatu roda di bawah truk yang sedang melaju kencang. Who Am I adalah salah satu film yang menampilkan aksi Jackie yang paling berbahaya. Pada film tersebut, ia meluncur dari lantai 21 bangunan Willemswerf yang ada di Rotterdam dengan sudut 45 derajat.

Yang tidak kalah heboh adalah aksi Tom Crusie di film Mission Impossible: Fallout. Tom dikenal sebagai salah satu aktor yang melakukan adegan berbahaya sendiri dalam film-film yang dibintanginya. Dan dalam film ini, ada adegan saat Tom terjun dari sebuah pesawat angkut militer yang terbang di ketinggian 25.000 kaki, bergelantungan di helikopter yang terbang di antara pegunungan, serta bersepeda motor tanpa helm dan melawan arus di pusat kota Paris.

Jika Jokowi menggunakan pemeran pengganti dalam aksinya mengendarai sepeda motor dari jalan tol hingga Stadion Utama Gelora Bung Karno, sepertinya wajar. Tim kreatif telah mempertimbangkan dengan matang segala dampak yang bakal terjadi kalau mantan Gubernur DKI itu tidak menggunakan pemeran pengganti. Apalagi, ini kan hiburan. Ya, karena Jokowi adalah presiden, bukan Johnny Blaze alias Ghost Rider apalagi pebalap tong setan.

Baca Juga : Video Jokowi Tak Ada Muatan Politiknya

Rekomendasi