Kandungan Medali Emas Asian Games Bukan Emas Murni

| 28 Aug 2018 19:35
Kandungan Medali Emas Asian Games Bukan Emas Murni
Ilustrasi (Twitter @asiangames2018)
Jakarta, era. id - Kita mungkin penasaran. Setiap kali ada atlet Indonesia meraih emas di Asian Games 2018, kita bertanya-tanya soal kandungan emas dalam medali tersebut. Berapa karat sih?

Dilansir dari berbagi sumber, ternyata medali tersebut tidak mengandung emas murni. Tapi merupakan campuran emas dan perak. 

Berdasarkan standar Olimpiade, medali emas yang diraih para pemenang mengandung emas sebesar 6 gram yang dicampur perak sebesar 494 gram.

Dilansir dari ABC News, medali emas Olimpiade sebenarnya hanya terdiri dari 1,34 persen emas. Dan sisanya adalah perak murni.

Dan sebagian besar dari medali-medali tersebut merupakan perak daur ulang di mana medali emas di Olimpiade Rio 2016 menjadi medali yang paling lestari yang pernah dibuat. 

Kontributor majalah Forbes, Anthony DeMarco (melalui ABC News) lebih jauh mengatakan, materi yang membentuk medali emas ini bernilai sekitar 564 dolar AS.

Sampai pukul 19.00 WIB, medali emas yang diraih atlet Indonesia sudah 24 medali. Kira-kira kalau diuangkan jadi berapa ya?

Baca Juga : Ini Alasan Atlet Suka Gigit Medali

Rekomendasi